oleh

Bareskrim Mabes Polri Gelar Pemusnahan 171 Kg Sabu dan 14.985 Pil Ekstasi

-News-393 views

Min.co.id-Jakarta-Direktorat Tindak Pidana Narkotika Bareskrim Mabes Polri menggelar pemusnahan barang bukti narkoba hasil dari pengungkapan kasus selama dua bulan terakhir.

Total sebanyak 171,12 kilogram sabu, 14.985 butir ekstasi, dan 890 erimin (H5) dimusnahkan di halaman belakang Kantor Dirtipid narkoba, Cawang, Kramat Jati, Jakarta Timur, Kamis 28/2/2019.

Pemusnahan dipimpin langsung oleh Direktur Dirtipid Narkoba Brigjen Pol Drs. Eko Daniyanto dan Wakil Direktur Dirtipid Narkoba Kombes Pol Krisno Siregar.

Krisno mengatakan, pemusnahan ini merupakan bagian dari proses penindakan hukum berdasarkan UU No 35 tahun 2009 tentang narkotika.

“Pemusnahan barang bukti ialah barang bukti berbahaya dan mempubyai nilai, dimusnahkan dalam proses penyidikan,” ucapnya kepada awak media.

“Tentu, kami sudah mendapat persetujuan dari kejaksaan negeri setempat,” tambahnya.

Dikatakan Krisno, barang bukti yang dimusnahkan hari ini berasal dari delapan kasus yang berhasil diungkap oleh jajaran kepolisian.

Total sebanyak 22 orang diamankan oleh pihak kepolisian dari delapan kasus yang berhasil diungkap tersebut.

Jumlah tersebut terdiri dari 21 orang pria Warga Negara Indonesia (WNI) dan satu orang wanita Warga Negara Asing (WNA).

“Ini dari pengungkapan delapan kasus yang kami kembangkan. Ada jaringan Medan, ada yang kami tangkap di tengah jalan, ada juga hasil kerjasama dengan Bea Cukai,” ujarnya.

Sebelum dimusnahkan, barang bukti narkoba terlebih dahulu diambil sampelnya untuk diuji secara laboratorium.

Setelah hasil lab menunjukkan barang tersebut benar merupakan narkoba, maka petugas langsung memusnahkan barang haram tersebut menggunakan mesin pemanas milik Badan Narkotika Nasional (BNN).

Komentar

News Feed