oleh

Ormas XTC 47 Majalengka Merasa Puas Dengan Kegiatan Donor Darah

-News-370 views

Min.co.id, Majalengka – Aksi donor darah yang dilakukan ormas XTC 47 Majalengka bareng XTC Kabupaten Majalengka berjalan lancar, dengan antrinya anak-anak muda yang baru pertama kali mereka jadi relawan donor darah yang bertempat di eks Pujasera atau Taman Expresi Majalengka (TEM), Minggu (24/2/2019).

Sebanyak 80 orang yang tercatat bersedia mendonorkan darahnya tapi hanya 29 orang yang lolos ke tahap pengambilan darah yang sesuai dengan prosedur yang ditetapkan oleh PMI (Palang Merah Indonesia) cabang Majalengka.

Dimana persyaratan untuk diambil darah sebagai pendonor juga tidak bisa asal karena harus memenuhi kriteria yang ditetapkan, tidak asal ambil darah ada tahapan yang boleh dan tidak karena kalaupun diambil jika darahnya jelek tidak akan bisa dipakai jadi mubajir kata Cecep Haris petugas PMI yang bertugas hari itu.

Menurut petugas PMI Majalengka Cecep Haris faktor utamanya karena yang hadir ini kebanyakan pemula jadi belum tahu bahwa donor itu harus keadaan sehat dan segar diantaranya tidur harus cukup, makan terpenuhi dan faktor utama persiapan donor adalah jangan minum obat-obatan (obat warung sekalipun) dan alkohol minimal satu minggu sebelum di donor karena darah ditubuh minimal 3 hari untuk menetralisir obat yang berada dalam tubuh.

Bahkan menurut Cecep, sebelum acara ini dimulai diadakan juga beberepa kali penyuluhan dilaksanakan untuk pemahaman tentang sehatnya berdonor dan fungsi dari masyarakat untuk mendonorkan darahnya, tapi ini sudah termasuk berhasil 30 persen bisa diambil dan bagus, mungkin  karena hampir semua rata-rata pemula jadi belum paham aturan berdonor ungkap Cecep.

Kordinator ormas XTC 47 Majalengka Angga (Koboy) merasa puas dan mengucapkan terima kasih atas kelancaran dan berjalannya kegiatan ini semoga untuk kegiatan selanjutnya lebih baik dan lebih banyak yang bisa diambil darahnya, bahkan XTC merencanakan per tiga bulan akan adakan kegiatan yang sama ungkapnya. (topik)

Komentar

News Feed