oleh

Danmenkav 2 Marinir Lepas Keberangkatan Satgasmar Ambalat dan Pengamanan Pulau Terluar

-News-261 views

Surabaya-Komandan Resimen Kavaleri 2 Marinir (Danmenkav 2 Mar), Kolonel Marinir Arif Handono melepas keberangkatan Satgasmar Ambalat XXIV dan Satgasmar Pengamanan Pulau Terluar (Puter) XXII di Loby Mako Menkav 2 Mar, Kesatrian Soepraptono Semarung, Ujung, Surabaya, Jumat (25/1).

Pelepasan prajurit dari Resimen Kavaleri 2 Marinir di bawah pimpinan Lettu Mar Marjaniyanto akan melaksanakan tugas sebagai Satgasmar Ambalat XXIV bertugas di wilayah pulau Sebatik Kalimantan Timur dan Satgasmar Puter XXII di wilayah Timur Indonesia.

“Perlu kita sadari tugas adalah amanah, sehingga harus dipertanggung jawabkan dengan sebaik-baiknya. Tugas juga merupakan kehormatan yang harus dijunjung tinggi oleh setiap prajurit. Kalian semua adalah prajurit-prajurit terpilih yang dipercaya untuk mengemban tugas negara,” kata Danmenkav 2 Mar.

Kolonel Arif menjelaskan, Satgasmar Ambalat XXIV merupakan bagian dari satuan tugas pengamanan perbatasan di bawah kendali Guspurla Koarmada II dalam rangka mengamankan wilayah Ambalat. Oleh karena itu, kata dia, kehadiran Satgasmar tersebut mempunyai nilai strategis dan berdampak politis, yaitu dalam rangka menegakkan kedaulatan dan mempertahankan keutuhan wilayah NKRI.

Untuk Satgasmar Puter XXII akan ditugaskan di bawah kendali Kodam IX/Udayana dan Kodam XVII/Cendrawasih. Satgasmar Puter sebagai satgas pengamanan terkait negara kepulauan yang memiliki sumber kekayaan alam yang melimpah, sehingga dapat berpotensi terjadinya permasalahan atau konflik.

Dari latar belakang itu, TNI khususnya TNI AL/Korps Marinir, menggelar kekuatan untuk mengamankan pulau-pulau strategis yang rawan konflik untuk menjaga keutuhan NKRI. Kolonel Arif berpesan agar setiap prajurit selalu berpedoman pada Sapta Marga, Sumpah Prajurit, Delapan Wajib TNI. “Jaga hubungan emosional dan bersosialisasi dengan baik di medan tugas, tingkatkan kewaspadaan tempur serta laksanakan tugas dengan baik sesuai prosedur,” tukasnya. (afr)

Komentar

News Feed