oleh

Wagub Uu Berharap Bendungan Ciawi & Sukamahi Segera Diselesaikan

-News-189 views

Bogor-Hingga saat ini progres fisik pengerjaan dua proyek bendungan di Kabupaten Bogor, yaitu bendungan Ciawi sudah mencapai 9%. Sementara bendungan Sukamahi sudah mencapai 15%.

Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum pun berharap dua proyek bendungan ini segera diselesaikan. Hal itu dikatakan Uu saat mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau proyek bendungan Sukamahi di Jl. Cikopo Selatan, Desa Sukamahi, Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor, Rabu (26/12/2018).

“Mudahan-mudahan dua bendungan yang tadi dilihat segera diselesaikan dengan waktu yang sudah ditentukan,” harap Uu.



Menurut Uu, kedua bendungan tersebut tidak hanya memberikan manfaat untuk masyarakat Jawa Barat saja. Namun, juga bisa memberikan efek domino bagi warga ibukota di DKI Jakarta.

“Kehadiran dua bendungan tersebut membawa manfaat bukan hanya untuk masyarakat Jawa Barat, tetapi ada efek domino untuk masyarakat DKI Jakarta,” ujar Uu.

Selain itu, Uu juga ingin bendungan tersebut bisa menambah nilai ekonomi serta menjadi tempat wisata baru bagi masyarakat di sekitar bendungan.



“Dengan bendungan tersebut bagi masyarakat Jawa Barat juga mendapat nilai ekonomi yang bertambah, karena lokasi yang strategis bisa dijadikan tempat wisata oleh masyarakat,” ucapnya.

Sementara itu, ditemui usai meninjau bendungan Sukamahi, Presiden Jokowi mengatakan bahwa proyek kedua bendungan yang ditargetkan selesai pada 2019 ini akan bisa mengurangi banjir yang selama ini merendam Jakarta hingga 30%.

“Ini (bendungan) salah satunya untuk mengantisipasi banjir di Jakarta. (Bendungan) Ciawi dan Sukamahi ini akan bisa mengurangi banjir (Jakarta) hingga 30%,” tukas Presiden.



Namun, Presiden juga mengungkapkan untuk menangani persoalan banjir Jakarta perlu sinergi dan harus dilakukan secara menyeluruh. Dengan begitu tindakan pencegahan tidak hanya dilakukan di hulu, namun juga di hilir.

“Di hulu seperti pembangunan waduk Sukamahi dan Ciawi ini. Di hilirnya seperti di Ciliwung, ada sodetan Ciliwung ke BKT (Banjir Kanal Timur), pembuatan sumur resapan, drainase-drainase dibersihkan. Kalau semuanya dikerjakan Insya Allah akan mengurangi (banjir) banyak,” tandasnya.

Bendungan Sukamahi memiliki luas 46,69 Ha yang meliputi empat desa di Kabupaten Bogor, yaitu Desa Sukamahi, Desa Gadog, Desa Sukamaju, dan Desa Sukakarya. Progres pengerjaan fisik per 26 Desember 2018 sudah mencapai 15% dari rencana 14,749% pada 2018.



Sementara Bendungan Ciawi memiliki luas 76,60 Ha yang meliputi empat desa di Kabupaten Bogor, yaitu Desa Gadog, Desa Cipayung, Desa Kopo, dan Desa Sukakarya. Progres pengerjaan fisik per 26 Desember 2018 sudah mencapai 9% dari rencana 17,44% pada 2018.

Komentar

News Feed