oleh

Polres Garut Gelar Apel Pasukan Operasi Lilin Lodaya 2018

-News-247 views

Garut-Polres Garut melakukan Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Lodaya 2018 dalam rangka mempersiapkan pengamanan Hari Natal dan Tahun Baru 2018, di Lapangan Otista Alun-Alun Garut, Kamis (20/12/2018).

Kapolres Garut, AKBP Budi Satria Wiguna SIK, memimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Lodaya 2018, didampingi Dandim 0611 Garut, Letkol Inf. Asyraf Aziz, Sos, dan Pjs Sekda Kabupaten Garut, Yatie Rochayatie.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh, Danrem 062 Tarumanegara, Para Kasat dan Kabag Polres Garut, Den POM, Brimob, Pengadilan Negeri Garut, Kepala Jasa Raharja Garut, Kapolsek Jajaran Polres Garut, Dishub, BPBD, Sat Pol PP, Para Kepala SKPD Garut, dan undangan lainnya.

Dalam kegiatan itu, Kapolres Garut, AKBP Budi Satria Wiguna SIK, membacakan amanat Kapolri terkait Operasi Lilin 2018. Gelar Pasukan Operasi Lilin Lodaya 2018 dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia.



Ditemui usai Apel Gelar Pasukan, Kapolres Garut, AKBP Budi Satria Wiguna, SIK, mengatakan para petugas keamanan tersebut akan disiagakan di sejumlah titik rawan dan pusat keramaian warga. Selain itu, lanjutnya, petugas juga disiagakan untuk menjaga sejumlah objek vital secara bergiliran.

“Saat ini kami juga telah mengintensifkan patroli dan razia penyakit masyarakat (pekat) di wilayah hukum Polres Garut. Hal ini untuk memastikan keamanan dan kenyamanan masyarakat tetap terjaga jelang dan saat Natal dan Tahun Baru 2019 nanti,” ujarnya.

Menurut AKBP Budi, skema pengamananya juga sudah disiapkan. Ia pun menyebut, segala persiapan yang dilakukan bersama unsur lainnya seperti TNI, Pemkab Garut dan masyarakat itu menjadi bukti bahwa pihaknya siap mengamankan Natal dan Tahun Baru 2019.

“TNI-Polri, Pemda dan masyarakat Garut yang berpartisipasi sudah kami plotting. Semua sudah kami bagi tugas dan tanggung jawabnya termasuk pemberdayaan Polmas yang ada di wilayah masing-masing Polsek, diantaranya lima zona untuk bencana dan kurang lebihnya ada tujuh lokasi obyek wisata yang ada di Kabupaten Garut,” ucapnya.

AKBP Budi menyebut, selain wilayah Garut Selatan, kawasan objek wisata lainnya seperti Darajat dan Cipanas menjadi prioritas dan akan dilakukan pemantauan khusus dengan melaksanakan patroli-patroli secra rutin setiap hari.

“Jelang Natal dan Tahun Baru ini, selain potensi-potensi keamanan juga banyak bencana alam karena cuaca ekstrim. Apalagi saat musim hujan seperti sekarang ini,” katanya.



Sementara itu Komandan Kodim (Dandim) 0611 Garut, Letkol Inf. Asyraf Aziz, Sos, menuturkan Apel Gelar Pasukan ini dilaksanakan sebagai pengecekan akhir terhadap kesiapan seluruh personel pengamanan berikut kelengkapan sarana dan prasarana pendukungnya.

Letkol Inf. Asyraf pun menegaskan, jajarannya akan bersinergi dengan semua stakeholder dalam rangka pengamanan Natal dan Tahun Baru. Menurutnya, hal ini merupakan keterpaduan unsur lintas sektoral dalam pengamanan guna mewujudkan dan menciptakan situasi kamtibmas yang aman dan kondusif.

“Kita sudah menyiapkan 300 personil untuk membantu Polri. Apabila itu kurang kita akan tambah lagi. Yang jelas kita utamakan kondusifitas wilayah dalam rangka libur panjang Natal dan Tahun Baru. Kita akan terjun mengantisipasi kerawanan dan kemacetan lalu lintas, serta pengamanan di lokasi tempat Ibadah di Hari Natal nanti,” ujarnya.

Letkol Inf. Asyraf juga mengimbau kepada seluruh masyarakat agar saat Perayaan Tahun Baru nanti jangan dirayakan terlalu berlebihan. “Jadikan moment Tahun Baru 2019 nanti sebagai awal dari perubahan kearah yang lebih baik lagi,” katanya.

Operasi Lilin Lodaya 2018 sendiri akan dilaksanakan terhitung mulai tanggal 21 Desember 2018 sampai dengan 1 Januari 2019, dengan mengedepankan kegiatan preventif didukung dengan kegiatan Intelijen dan penegakan hukum secara tegas dan profesional.

Komentar

News Feed