oleh

SMP Negeri 4 Sumberjaya Melaksanakan PAS Untuk Pencapaian Hasil Belajar

Min.co.id, Majalengka – SMP Negeri 4 Sumberjaya yang berlokasi di Desa Cidenok Kecamatan Sumberjaya Kabupaten Majalengka selama sepekan melaksanakan Penilaian Akhir Semester (PAS) Semester 1 tahun pelajaran 2018/2019 yang diikuti seluruh siswa dari kelas VII sampai kelas IX Mulai dari hari Senin 3 – Sabtu 8 Desember.

Dalam pelaksanaannya peserta didik di bagi menjadi 6 ruang penilaian, dimana masing-masing peserta didik akan duduk berdampingan dengan peserta didik lain yang berbeda tingkatan.

Kepala SMP Negeri 4 Sumberjaya Yasin Fadilah menyebutkan, PAS merupakan serangkaian proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk menentukan pencapaian hasil belajar peserta didik.

“Berdasarkan pada PP. Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan bahwa penilaian pendidikan pada jenjang pendidikan dasar dan menengah terdiri atas, penilaian hasil belajar oleh pendidik, penilaian hasil belajar oleh satuan pendidikan, dan Penilaian hasil belajar oleh Pemerintah,” paparnya, Sabtu (8/12)

Dijelaskannya, setiap unsur yang terkait dengan sisdiknas, selain melakukan perencanaan dan proses pembelajaran, juga melakukan penilaian hasil pembelajaran sebagai upaya terlaksananya proses pembelajaran yang efektif dan efisien.

“Tujuan dilaksanakannya PAS untuk mengetahui kemajuan dan hasil belajar peserta didik, mendiagnosis kesulitan belajar, dan memberikan umpan balik atau perbaikan proses belajar mengajar, ” ujarnya diamini seksi kurikulum Asep Kartiwa.

Ditambahkan Yasin, maksud serta tujuan diselenggarakan PAS, guna memotivasi belajar siswa dengan cara mengenal dan memahami diri dan merangsang untuk melakukan usaha perbaikan. (topik)

Komentar

News Feed