oleh

BPJS Ketenagakerjaan Jatim Dorong UMKM Daftarkan Pekerjanya

-News-6 views

Jatim-Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Wilayah Jawa Timur mendorong Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk mendaftarkan para pekerjanya. Hal ini dinilai penting sebagai tanggung jawab UMKM untuk memberikan jaminan sosial. 

Deputi Direktur BPJS Ketenagakerjaan Wilayah Jawa Timur, Dodo Suharto, mengatakan saat ini hanya sekitar 10 persen dari total UMKM yang sudah menjadi peserta dan terlindungi jaminan sosial Ketenagakerjaan.

“Tahun depan, kami akan menggandeng Dinas Usaha Kecil Menengah Jawa Timur untuk menjaring UMKM agar mau menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan. Apalagi, potensinya sangat luar biasa. Ada 12 juta lebih tenaga kerja pada UMKM yang belum terlindungi BPJS Ketenagakerjaan,” katanya, Jumat, (7/12). 

Saat ini, sambungnya, di Jawa Timur dari total sekitar dua juta, baik perusahaan besar, sedang, dan kecil, baru 68.448 perusahaan yang menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan. Jumlah tersebut meningkat sekitar 18 persen dibanding tahun 2017.

“Kalau perusahaan sedang atau besar di Jatim, sudah 90 persen menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan. Kalau usaha kecil itu ya baru 10 persen,” tandasnya. (Luk/s)

Komentar

News Feed