oleh

912 Pecandu Narkoba Berhasil Di Rehab Jajaran BNNP Jatim

-News-192 views

Jatim-Tak hanya melakukan pemberantasan peredaran gelap narkoba, Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Jatim beserta jajaran juga terus melakukan upaya rehabilitasi bagi para pecandu. Terhitung 11 bulan mulai Januari hingga November 2018, total pengguna narkoba yang berhasil direhabilitasi mencapai 912 orang.

“Hasil kegiatan rehabilitasi bagi pengguna narkoba oleh Bidang Rehabilitasi BNNP Jawa Timur beserta 18 Badan Narkotika Kota/Kabupaten cukup luar biasa. Jadi kami tidak hanya menangkap pengedarnya saja, tapi juga ada 912 orang yang telah kami rehabilitasi dari kecanduan narkoba,” kata Kepala BNNP Jatim, Brigjen Pol Bambang Budi Santoso, Senin (26/11).

Dari 912 pecandu yang direhab, didominasi rehab rawat jalan sebanyak 748 orang. Untuk rehab rawat inap sebanyak 164 orang.

Ia menjelaskan, pelaksanaan rehabilitasi bagi pengguna narkoba itu tidak lepas dari kegiatan yang digelar BNNP Jatim. Dari upaya rehablitasi secara sukarela atau voluntary cukup tinggi, yakni sebanyak 811 orang. Sedangkan dari hasil operasi, jumlah pecandu yang direhab sebanyak 40 orang.

Dari hasil dari SIL (Skrining Intervensi Lapangan) sebanyak 37 orang. Sementara hasil TAT (Tim Asesmen Terpadu) sebanyak 154 kegiatan. Dari seluruh pecandu tersebut, lanjut dia, tidak semuanya mendapatkan proses rehabilitasi. Dari hasil TAT hanya 24 orang yang mendapatkan rekomendasi rehabilitasi.

Berkaitan dengan kegiatan pascarehabilitasi, BNNP Jatim telah melakukan dari program reguler yang terdiri dari lima tahap sebanyak 60 klien. Pascarehabilitasi Intensif dari rumah damping terdiri dari empat tahap sebanyak 40 klien. Sedangkan layanan rawat lanjut terdiri dari lima tahap sebanyak 100 klien. (afr/s)

Komentar

News Feed