oleh

Polda Perkuat Sinergitas Penyidik Polri dan PPNS

-News-264 views

Surabaya-Polda Jawa Timur menggelar rapat koordinasi (rakor) penyidik Polri dan Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS). Rakor dilakukan sebagai bentuk sinergitas dalam pelaksanaan tugas penyidik guna mewujudkan profesionalisme untuk mewujudkan kepastian hukum.

“Peran penyidik sangat penting untuk mengungkap sebuah permasalahan. Namun penyidik harus memahami tugasnya dengan baik dan menjalankan fungsinya secara profesional dan proporsional,” kata Wakapolda Jatim, Brigjen Pol Toni Harmanto, Kamis (22/11).

Ia menjelaskan, dalam hal penyelidikan dan penyidikan tidak hanya dilakukan oleh Polri. Namun PPNS juga dapat melakukan proses penyidikan.

Untuk itu, pihaknya berkomitmen untuk melakukan penguatan sinergitas penyirik Polri dan PPNS. “Dengan adanya sinergitas maka dapat mengefektifkan penegakan hukum guna mendukung program pembangunan nasional,” ujar Brigjen Toni.

Kadiv Pelayanan Hukum dan HAM Kanwil Kemenkumham Jatim, M Yunus Affan, mengatakan penyidik merupakan ujung tombak dari setiap tugas penyidikan pidana. Tanpa penyidik yang andal, kata dia, jaksa dan KPK akan sulit melaksanakan tugas dengan baik.

Ia juga menambahkan, peran PPNS diharapkan bisa meningkat di masing-masing instansi. Salah satu caranya yaitu memberi apresiasi terhadap prestasi kerjanya.

“PPNS diangkat oleh Kemekumham. Mereka bertugas membantu tugas-tugas kepolisian dalam melakukan penegakan hukum, bahkan hingga tingkat penyidikan dan melaksanakan kewenangan berdasarkan Undang-Undang di masing-masing instansi,” jelasnya.

Rapat koordinasi ini dihadiri oleh Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) dari berbagai instansi pusat dan daerah di wilayah Provinsi Jatim. Hadir pula Kasatreskrim dari jajaran Polres, Polresta dan Polrestabes di wikayah Jawa Timur. (afr,silvi,uin/s)

Komentar

News Feed