oleh

Dukung Kinerja Patroli Air, PJT I Kembali Tambah Perahu Baru

-News-7 views

Surabaya-Perum Jasa Tirta I (PJT I) kembali menambah armada perahu jenis fiber berkapasitas delapan orang, untuk mendukung kinerja Tim Patroli Air Terpadu Jatim melakukan pengawasan pencemaran di Kali Surabaya dan beberapa sungai wilayah kerja PJT I.

Tambahan unit ini melengkapi tiga perahu sebelumnya. “Sebelumnya ditahun ini juga menambah satu unit perahu karet baru berkapasitas enam orang, dan ada dua perahu lama sehingga total ada empat perahu,” kata Kepala Devisi WS Brantas II Perum Jasa Tirta I (PJT I), Didik Ardianto di Surabaya, Selasa (6/11).

Lebih lanjut dikatakan Didik, dengan tambahan armada, tim patroli air akan lebih banyak jumlahnya dan lebih maksimal dalam mengawasi kondisi sungai/kali. “Satu perahu harganya sekitar Rp150 juta belum termasuk mesin, idealnya setiap patroli itu dua sampai tiga perahu yang bergerak dari atas dan bawah,” ungkapnya.

Selama melaksanakan patroli, tim terbagi dua, darat dan air untuk mengawasi pabrik atau perusahaan yang berada di sepanjang di bataran Kali Surabaya.”Tim kami telah melakukan ujicoba performa dan kondisi perahu,” terangnya.

Secara terpisah, Ketua Tim Patroli Air Terpadu Jatim, Imam Rochani mengaku, sangat menyambut baik dukungan PJT I dalam menyiapkan armada perahu untuk patroli. “Sekarang kita punya beberapa alternatif perahu yang akan digunakan, ada fiber dan keret semua disesuaikan kebutuhan di lapangan,” tuturnya.

Meski perahu fiber lebih berat dibandingkan perahu karet, namun kapasitas dan kekuatanya beda. “Perahu karet sangat mudah diangkat manual karena lebih ringan, tapi perahu fiber lebih kuat dan penumpangnya lebih nyaman,” tutur Imam. (hjr)

 

Komentar

News Feed