oleh

Dinas PUPR Indramayu Bidang TTI Melaksanakan Peningkatan Saluran

-News-305 views

Min.co.id – Indramayu – Untuk meningkatkan hasil produksi pertanian diseluruh wilayah Kabupaten Indramayu Jabar, Dinas PUPR melaui Bidang TTI melaksanakan pekerjaan peningkatan saluran irigasi.

Atas arahan Kepala Dinas PUPR Kabupaten Indramayu, H. Omarsyah BAE, S.Sos,. MM, Kepala Bidang Tata Teknis Irigasi Heru Purwanto, ST melalui Kepala Seksi Pengembangan Jaringan Irigasi Andi Setiawan, ST., MT. Saat ditemui dikantornya kamis (1/11) menjelaskan “Dinasnya memiliki tanggung jawab memberikan distribusi air terhadap lahan sawah diseluruh wilayah Indramayu, saat ini kami memiliki tugas mengaliri sawah seluas kurang lebih 5.305 hektare kewenangan kabupaten, hal itu untuk mendukung peningkatan produksi pertanian,” ujarnya.

Andi Setiawan, ST., MT. Menambahkan pihaknya juga tengah mengupayakan peningkatan jaringan irigasi melalui dana yang bersumber dari APBD Provinsi dan APBD Kabupaten ataupun yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK).

Selanjutnya Andi menjelaskan
“Peningkatan jaringan irigasi adalah kegiatan meningkatkan fungsi dan kondisi jaringan irigasi yang sudah ada, atau kegiatan menambah luas areal pelayanan pada jaringan irigasi yang sudah ada dengan mempertimbangkan perubahan kondisi lingkungan daerah irigasi”.

Peningkatan kualitas jaringan irigasi tersebut berimplikasi pada
berkurangnya tingkat kehilangan air pada jaringan irigasi sehingga, lebih menjamin pemenuhan kebutuhan air irigasi.”

Hal ini lebih menjamin pemenuhan kebutuhan air irigasi yang berada di wilayah pengairan Kabupaten Indramayu.”

Ditambahkan dengan meningkatnya kualitas jaringan irigasi pertanian, maka para petani lebih mudah bercocok tanam.

Sebagai contoh implementasi kegiatan peningkatan saluran irigasi di wilayah Desa Kertanegara Kec. Haurgeulis SS Bugis Hilir (B. CIP. 6) dan SS CIPANCUH UDIK (B. CIP. 5) yang diharapkan akan lebih meningkatkan produktivitas lahan pertanian di wilayah Kec. Haurgeulis. Ujarnya. (N.T)

Komentar

News Feed