oleh

Kenali Kode Kerusakan di Motor Metik Anda (Yamaha)

Jakarta-Indikator check engine di speedometer motor metik menyala terus? Gak perlu panik, cari tahu apa masalahnya. Pada dasarnya, setiap kita akan menghidupkan mesin motor, indikator ini memang akan menyala, kemudian mati dalam hitungan tiga detik.

Ini normal, menunjukan kesiapan kendaraan untuk berjalan akibat adanya arus listrik yang mengalir dari aki ke ECU motor.

Permasalahannya kalau lampu indikator ini menyala terus, maka bisa dipastikan terjadi masalah dalam motor tersebut. Bisa jadi karena aki (baterai) mulai tekor, sensor yang tidak terbaca ECU, ECU rusak, kabel speedometer putus, dan masih banyak hal lainnya.

“Banyak kemungkinan yang terjadi. Tapi kalau pas indikator check engine ini menyala terus tapi tidak mempengaruhi kinerja mesin motor, gak usah panik. Bisa jadi kabel speedometer yang putus, atau aki motor tekor,” ujar Abdul Rokhim.

Indikator Check Engine Menyala Terus Tanpa Ada Kendala di Motor

Indikator Check Engine
Normalnya, indikator check engine hanya menyala tiga detik saat motor dihidupkan. Foto/Carmudi Indonesia/Zie

Seperti dijelaskan sebelumnya, kalau indikator check engine terus menyala meski dirasa tak ada kerusakan, pemilik motor tidak perlu panik.

“Pernah kejadian, indikator check engine di Mio Soul GT dan Mio J nyala terus. Setelah dilakukan pengecekan, ternyata kabel speedometer yang putus. Ciri–cirinya lampu indikator check engine menyala tanpa berkedip, dan jarum speedometer tidak bergerak,” jelas Abdul Rokhim.

Lanjut Abdul Rokhim, dia juga pernah menemui masalah lampu check engine menyala dan kedap–kedip saat mesin dihidupkan. Tetapi motor tetap berjalan normal dan berfungsi seperti biasanya. Ini menurutnya karena faktor aki yang tekor.

Langkah yang harus ditempuh adalah dengan mendatangi bengkel resmi dan memeriksakan kondisi tersebut. “Biasanya akan langsung didiagnosa ECU motor dan akan ketemu penyakitnya”.

Kode–Kode Diagnosa di ECU Motor Metik

Berikut adalah kode kerusakan motor metik Yamaha saat proses diagnosa. Dari kode nomor yang dikeluarkan, bisa langsung terjawab kendala yang terjadi di motor kalian.

NO KODE DIAGNOSA
1 12 Cranksaft Position Sensor, atau dalam motor sistem karbu sering disebut “pulser”
2 13 Intake Pressure Sensor terlepas atau terjadi hubungan arus pendek
3 14 Intake Pressure Sensor tersumbat
4 15 Throttle Position Sensor (TPS), terlepas atau terjadi hubungan arus pendek.
5 16 Throttle Position Sensor (TPS) macet
6 19 Side Stand Switch, standar samping patah atau lepas
7 22 Intake Temperature Sensor lepas atau terjadi hubungan arus pendek
8 24 O2 Sensor
9 28 Engine Temperature Sensor
10 37 ISC Valve macet pada posisi terbuka
11 39 Injector
12 42 Speed Sensor
13 44 EEPROM Error
14 46 Power Suply ke Fuel Injector
15 50 Rusaknya Memori ECU
16 61 ISC tidak bekerja.
17 79 Terlalu banyak udara masuk

Semoga informasi ini bisa membantu dan memudahkan dalam menganalisa dan mendiagnosa kerusakan motor metik Anda. Namun yang pastinya, punya motor metik dengan sistem injeksi harus rajin dan telaten dalam hal perawatan. Minimal ganti oli mesin setiap bulannya dengan jenis oli yang sesuai kebutuhan mesin. Cara ini tentu akan menjaga keawetan mesin motor Anda. (Enda/Zie)

Komentar

News Feed