oleh

Hari Jadi Jatim, Badan Penghubung Daerah di Jakarta Gelar Pameran dan Pentas Seni

Jatim-Badan Penghubung Daerah Provinsi Jawa Timur di Jakarta menggelar pameran produk unggulan UKM/UMKM, pameran makanan khas, dan pentas seni pertunjukan, tari serta lagu Jawatimuran di Anjungan Jawa Timur Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta. Kegiatan tersebut merupakan Rangkaian Puncak Hari Jadi ke 73 Provinsi Jawa Timur Tahun 2018.

Kepala Badan Penghubung Daerah Jawa Timur di Jakarta, Dwi Suyanto dalam Wawancara dengan JNR Kominfo Jawa Timur Senin (29/10) mengatakan, pameran produk unggulan, makanan khas dan pentas seni yang dilakulan warga Jawa Tumur di Anjungan Jawa Timur TMII Jakarta menjadi kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Jawa Timur di Ibu Kota Indonedia.

Kegiatan ini dilakukan sebagai ajang untuk mempromosikan dan memperkenalkan produk produk unggulan UKM/UMKM kabupaten/kota Jawa Timur yang terbaru agar bisa dikenal oleh masyakat Jakarta dan sekitarnya. Selanjutnya, meningkatkan daya saing dan untuk memperluas pasar dalam negeri.

Selain menggelar pameran produk unggulan, juga mengadakan pentas seni pertunjukan rakyat Komunitas Ludruk Jakarta (KLJ) dimana para pemainnya adalah seniman seniwati Jawa Timur yang ada di Jakarta. Kemudian festival pagelaran pentas reog Ponorogo, jaranan dan gerak pentas tari Jawa Timuran dan kesenian kendang kempol. Kesemuanya merupakan binaan dari Badan Penghubung Daerah Jawa Timur di Jakarta.

Pameran dan festival seni pertunjukan rakyat dumulai sejak 14 Oktober 2018 dan puncaknya kegitan dilakukan pada 27 dan 28 Oktober 2018. Semua pameran dan pagelaran pentas seni dilakulan di Ajungan Jawa Timur TMII Jakarta.

Menurut Suyanto, melalui pameran dan pentas seni tersebut menjadi hiburan segar juga bisa menambah kebangkitan kebanggaan, menumbuhkembangkan semangat memiliki produk unggulan serta kekayaan budaya lokal.

Sementara Badan Penghubung Daerah Jawa Timur di Jakarta dibentuk pada tahun 2017. Tugas Badan Penghubung tersebut adalah merupakan penghubung antara masyarakat Jawa Timur yang ada di Jakarta dan sekitarnya. Kemudian sebagai wadah kegiatan masyarakat maupun pejabat baik eksekutif dan legislatif yang ada di Jakarta. “Semua masyarakat Jawa Timur yang ada di Jakarta bisa singgah di Badan Penghubung Daerah,” Ujar Suyanto. (ryo/p)

Komentar

News Feed