oleh

Pesawat Lion Air yang Jatuh Sempat Minta Return to Base

-News-166 views

Jakarta-Kepala Bagian Kerja Sama dan Humas Direktorat Jenderal Perhubungan Udara, Sindu Rahayu mengatakan, pilot pesawat Lion Air JT-610, Bhavye Suneja bersama Kopilot Harvino sempat meminta untuk kembali ke Bandara Soekarno – Hatta, Banten sebelum mengalami lost contact.

“Pesawat sempat meminta return to base sebelum akhirnya hilang dari radar,” ujar Sindu dalam keterangan tertulisnya, Senin (29/10/2018).

Pesawat tersebut lanjut Sindu, terakhir tertangkap radar pada titik koordinat 05 46.15 S – 107 07.16 E atau diperkirakan hilang di sekitar Karawang, Jawa Barat.

Sementara itu, Ketua Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Soerjanto Tjahjono menuturkan, pihaknya belum berani memastikan apa penyebab jatuhnya pesawat jenis Boeing 737 MAX 8 tersebut.

“Kita belum berani memastikan apapun sebelum menemukan black box,” kata dia dalam Konferensi Pers di kantor Basarnas, Jakarta, Senin (29/10/2018).

Namun lanjut Soerjanto, pihaknya juga akan mengumpulkan dan menyelidiki semua data yang terekam dari menara pengawas. Selain itu kata dia, pesawat Lion Air JT-610 merupakan pesawat modern yang telah dilengkapi dengan program Flight Operations Quality Assurance (FOQA).

“Ada data yang di transmit dari pesawat, itu juga akan dipelajari. Tapi yang paling penting adalah black boxnya,” tandasnya.(akt)

Komentar

News Feed