oleh

Untuk Pengemudi Pemula Cara Mengatasi Stres Selama Di Jalan

-Otomotif-10 views

Mahir mengemudikan mobil menjadi impian banyak orang, terutama mereka yang akan atau baru saja membeli kendaraan. Namun terkadang rasa tidak percaya diri menghantui para pengemudi mobil pemula setelah mereka dinyatakan lulus dari sekolah mengemudi.

Meski Surat Izin Mengemudi (SIM) sudah didapat, tetapi tetap saja ada rasa ragu untuk mengemudikan mobil sendirian. Banyak faktor yang membuat pengemudi mobil pemula kurang percaya diri menyetir sendirian di jalan raya. Mulai dari takut menabrak hingga belum bisa fokus.

Bila rasa percaya diri tidak ada tapi tetap dipaksa mengemudikan mobil, maka tidak menutup kemungkinan pengemudi akan mengalami stres tingkat tinggi selama berada di jalan raya. Efek negatifnya bisa saja pengemudian mobil menjadi tidak fokus dan beresiko kecelakaan.

Untuk membantu pengemudi mobil pemula mengatasi rasa stres selama berada di jalan raya, RED Driving School memberikan beberapa kiat untuk membantu meningkatkan rasa percaya diri di belakang kemudi. Berikut uraian singkatnya sebagaimana diberitakan The Sun:

1. Tentukan Rute Jalan

Sebelum mengemudikan kendaraan, ada baiknya Anda menentukan atau memastikan rute jalan yang hendak dilalui. Kemudian berangkatlah lebih awal dari biasanya supaya tidak terlambat sampai ke tempat tujuan. Cara sederhana satu ini disebut dapat mengurangi stres di jalan raya.

2. Periksa Beberapa Komponen Mobil

Sediakan waktu luang untuk mengecek beberapa komponen yang ada di mobil. Mulai dari jendela, lampu utama, lampu rem dan kaca spion sebelum berangkat. Pemeriksaan beberapa komponen tersebut sangat perlu untuk mempersiapkan kemungkinan hujan saat mengemudi.

3. Menambah Jam Belajar Mengemudi

Disarankan untuk menambah jam belajar mengemudi setelah Anda mendapatkan SIM, agar dapat lebih fokus mengemudi di jalan raya. Tujuannya untuk memoles keterampilan mengemudi yang sudah didapat sebelumnya. Sebagai awal, berlatihlah di jalan-jalan yang sepi dalam beberapa minggu pertama. Kemudian baru mencoba jalan ramai.

Ian McIntosh, CEO RED Driving School, mengatakan, “Ketakutan orang dalam mengemudikan mobil dapat menghambat kemampuan seseorang untuk menjadi mahir. Mengemudi mobil sendirian sebaiknya jangan dilakukan, usahakan ada penumpang untuk menemani.”

Ketakutan Terbesar Pengemudi Mobil Pemula

Ketakutan terbesar yang dialami oleh pengemudi mobil pemula adalah jalan raya. Selain itu takut untuk melewati jalan tol karena rata-rata kendaraan melaju dengan kecepatan tinggi. Ada juga yang takut dengan cuaca buruk serta saat parkir paralel.

Berdasarkan penelitian terbaru, sekira 70 persen pengemudi mobil pemula yang sudah memiliki SIM masih takut untuk mengemudikan mobil sendirian. Sementara itu pengemudi yang langsung berani membawa mobilnya ke jalan raya setelah lulus kursus, jumlahnya sangat sedikit yaitu di bawah sepertiga.(carmudi)

Komentar

News Feed