oleh

Anggota Polri Bisa Dapatkan Rumah DP Nol Persen

-News-338 views
Kepolisian Republik Indonesia (Polri) membuat skema rumah dengan mekanisme DP (Down Payment) nol persen untuk anggotanya.

Kadiv Humas Polri Irjen Pol Setyo Wasisto mengatakan, skema rumah dengan DP nol persen ini dibuat Kapolri Jenderal Tito Karnavian dengan tujuan meningkatkan kesejahteraan anggota kepolisian.

“Selama ini hanya 14 persen anggota Polri yang menikmati rumah dinas,” ujarnya di Jakarta, Jumat (31/8/2018).

Setyo menjelaskan, untuk mengadakan dan mengatur program kredit rumah DP nol persen ini, kepolisian sudah membuat Memorandum of Understanding (MoU) dengan Real Estate Indonesia (REI) dan juga sejumlah Bank Pemerintah.

“Kita sudah melaksanakan (perjanjian), tinggal dimana ada tanah, polres bisa ajukan serta didukung anggaran. Ini betul-betul real nol persen, karena anggota tinggal nyicil aja,” kata dia.

Untuk mekanisme pembayarannya, Setyo menuturkan, sama dengan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) pada umumnya. Anggota Polri yang mengambil rumah tersebut akan menyetor cicilan ke Bank secara berkelanjutan.

“Iya sama seperti itu (KPR), jadi tinggal harga rumah berapa, dihitung. Nanti anggota nyicil ke Bank. Gak ada DP nya, karena kita ada MoU dengan Bank,” tukasnya.

Mengingat program ini mirip dengan program Pemprov DKI Jakarta pada masa kepemimpinan Anies Baswedan-Sandiaga Uno, Setyo menegaskan langkah Kapolri ini sama sekali tidak meniru apa yang dilakukan oleh Pemprov tersebut.

“Gak. Kita sudah lama sebelum disebutkan itu sudah ada (program rumah DP nol persen). Bahkan di beberapa tempat sudah terealisasi. Sekarang dimasifkan oleh Kapolri di seluruh Indonesia. Bahkan di Jawa Tengah sudah dari dua tahun lalu,” imbuhnya. (akrt)

Komentar

News Feed