oleh

Status Tanggap Darurat Gempa Lombok Berakhir

-News-166 views

Jakarta-Tahap tanggap darurat penanganan gempa Lombok berakhir pada Sabtu (25/8/2018) sesuai dengan penetapan sebelumnya.

Dalam rapat koordinasi di Posko Tanggap Darurat Penanganan Gempa Lombok, Tanjung Kabupaten Lombok Utara pada Jumat (24/8/2018), dibahas periode transisi darurat ke pemulihan yang merupakan tahap lanjutan dari tahap tanggap darurat.

“Selanjutnya akan ditetapkan oleh Gubernur NTB melalui surat keputusan penetapan transisi darurat ke pemulihan penanganan dampak gempa Lombok,” jelas Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho, dalam keterangan tertulis, Sabtu (25/8/2018).

Status transisi darurat ke pemulihan bertujuan agar sarana prasarana vital serta kegiatan sosial ekonomi masyarakat segera berfungsi, yang dilakukan sejak berlangsungnya tanggap darurat sampai dengan tahap rehabilitasi dan rekonstruksi dimulai.

“Selama masa transisi darurat, bantuan kebutuhan lanjutan yang belum dapat diselesaikan pada saat tanggap darurat dapat diteruskan,” ujar Sutopo.

“Misalnya tempat hunian masyarakat bagi rumah yang hancur dan hilang akibat longsor, pemulihan segera fungsi sarana dan prasarana vital, biaya pengganti lahan, bangunan dan tanaman masyarakat juga untuk kebutuhan air bersih dan sanitasi, kebutuhan pangan, sandang, pelayanan kesehatan dan kebutuhan dasar lanjutan setelah tanggap darurat bencana berakhir,” tambah dia.

Kendati demikian, penanganan darurat seperti pembersihan puing masih dilakukan di beberapa daerah terdampak. Termasuk permintaan warga secara door to door yang dilayani untuk melaksanakan pembersihan.

Untuk kebutuhan air bersih, Sutopo menjelaskan, ada beberapa dusun di Desa Sokong yang belum menerima air bersih. Begitu juga Desa Kuripan, Kabupaten Lombok Barat, ada 123 KK yang sudah seminggu ada tangki air namun belum mendapatkan air bersih karena belum bisa dijangkau oleh mobil tangki.(akrt)

Komentar

News Feed