oleh

Agus Gumiwang Kartasasmita Gantikan Idrus Marham Sebagai Mensos

-News-181 views

Jakarta-Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Agus Gumiwang Kartasasmita sebagai menteri sosial (Mensos) di Istana Negara, Jakarta, Jumat (24/08/2018).

Agus dilantik berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 148/P 2018. Pelantikan dihadiri oleh Wakil Presiden (Wapres), Jusuf Kalla (JK)

Selain itu ada juga Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Oesman Sapta Odang, sejumlah menteri Kabinet Kerja, termasuk Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko.

Ayah dari Agus, Ginandjar Kartasasmita juga tampak terlihat menghadiri pelantikan.

Agus menggantikan Idrus Marham yang telah mengundurkan diri, karena tersangkut kasus dugaan korupsi. Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menjelaskan, partainya memang merekomendasikan nama Agus untuk menggantikan Idrus.

Diungkapkan, Agus sudah sejak lama disiapkan Partai Golkar mengisi jabatan strategis.

“Pak Agus kan salah satu yang akan dicalonkan juga jadi Ketua DPR, misalnya. Jadi sudah masuk dalam short list (daftar) terus. Mungkin ada urut kacangnya lah di partai,” ungkap Airlangga.

Menurut Airlangga, partainya hanya mengusulkan satu calon mensos kepada Presiden. Untuk diketahui, Agus pernah menjabat Wakil Ketua DPD PG Jawa Barat.

Politisi muda PG itu kemudian dipercaya sebagai Ketua Bidang Kesejahteraan Rakyat DPP Partai Golkar.

Agus yang kerap dipanggil AGK, lahir di Jakarta, 3 Januari 1969. Ia anak kedua dari empat bersaudara dari pasangan Ginandjar dan Yultin Harlotina. Sejak 2004, AGK telah menjadi anggota DPR dari Partai Golkar.

Boleh dikatakan, AGK salah satu loyalis Presiden Jokowi. Sebab pada Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2014, ia memutuskan mendukung pasangan Jokowi-JK. Sedangkan Partai Golkar saat itu mengusung Prabowo Subianto-Hatta Rajasa. (Red)

Komentar

News Feed