oleh

Telapak Tangan Merah Tanda Penyakit Hati?

-Kesehatan-315 views
 Belakangan ini di media sosial dan pesan berantai di aplikasi percakapan sedang viral berita yang menyebutkan bahwa jika sampai telapak tangan kita berwarna merah sebagian, maka hal ini adalah tanda dari adanya penyakit hati, salah satu penyakit yang sangat berbahaya bagi manusia. Sebenarnya, apakah berita ini benar adanya?

Sebenarnya, tangan yang berwarna merah bisa dianggap sebagai sesuatu yang wajar, apalagi jika kita barussaja mencuci tangan atau mengangkat benda yang berat. Berpegangan erat pada suatu benda dalam waktu yang lama juga bisa menjadi penyebabnya.

Hanya saja, jika sebagian besar telapak tangan berwarna merah ini berlangsung dalam waktu yang sangat lama tanpa sebab yang jelas, maka ada kemungkinan hal ini adalah tanda dari palmar erythema, gejala penyakit hati atau liver. Gejala ini sering terjadi pada orang dengan usia lebih dari 50 tahun dan disebabkan oleh terganggunya keseimbangan hormon yang memicu pelebaran pembuluh darah pada sebagian telapak tangan.

Pakar kesehatan dr. Eko Budidharmaja menyebutkan bahwa apa yang diungkap oleh berita ini ternyata benar adanya. Salah satu gejala dari penyakit hati memang eritema palmaris atau kemerahan pada telapak tangan. Hanya saja, terdapat gejala lain yang juga menyertai eritema palmaris ini, yakni warna kuning pada kulit serta selaput mata. Hal ini berarti, kita jangan langsung menyimpulkan diri terkena penyakit hati jika mengalami gejala kemerahan pada telapak tangan.

Jika ragu dengan kondisi telapak tangan yang memerah, segeralah periksakan kondisi kesehatan ke dokter untuk mengetahui apa penyebab pastinya.(doktersehat)

 

Komentar

News Feed