oleh

Patungan Siswa Untuk Beli Hewan Kurban Dipertanyakan

-News-187 views

Min.co.id-Majalengka-Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang berada di Kabupaten Majalengka dibebankan patungan untuk berkurban sebesar Rp. 25.000 – Rp. 30.000 per siswa yang sudah berlangsung tiap tahun dan seolah-olah menjadi budaya, pertanyaan beberapa orang tua yang mempunyai siswa di tingkat SMP yang berada di Majalengka.

Orang tua siswa mempertanyakan ke-sah-an dari patungan pembelian hewan kurban tersebut, karena menurutnya sangat berbeda bila siswa SMP di pinta untuk berzakat pada Hari Raya Idul Fitri sudah jelas karena ada ketentuan dari Panitia zakat dan dianjurkan dengan beras atau menggunakan uang.

Namun jika kurban itu untuk yang mampu dan nilainya yang diwajibkan satu ekor domba atau satu ekor sapi, menurut orang tua siswa ini kalau masuk ke mata pelajaran untuk mendidik kan kurang pas juga karena nanti untuk nama yang di ijab kobul kurbannya siapa, walaupun itu baik untuk pengetahuan dan pembelajaran jika dihitung Rupiah kan bukan satu orang tapi kali kan jumlah siswa sekolah tersebut katanya.

Dengan ini, MIN.co.id langsung mendatangi bagian Syariah di Kementerian Agama Majalengka untuk konfirmasi dan menerima penjelasan dari salah seorang staf Syariah, bahwa “ketentuan berkurban itu sudah ada aturannya yaitu bagi yang mampu dan nilainya satu ekor domba kalaupun mampu satu ekor sapi katanya, jika nilai Rp. 30.000 itu ada kemungkinan pihak sekolah hanya untuk pembelajaran tata cara berkurban dan mungkin seharusnya himbauan dan jangan dipaksa untuk diwajibkan patungan” pungkasnya. (topik)

Komentar

News Feed