oleh

Jelang Pilkakon (Pilkades) Wakapolres Tanggamus Himbau Masyarakat Jangan Terpecah Belah

-News-238 views

Min.co.id-Pringsewu-Wakapolres Kompol Andik Purnomo Sigit, SH., S.IK., MM didampingi Kasat Binmas Iptu H. Irfansyah Panjaitan Mewakili Kapolres Tanggamus AKBP I Made Rasma, S.IK. M.Si. memberikan penyuluhan Kamtibmas di Pekon (desa) Wargomulyo Kecamatan Pardasuka, Rabu (8/8/18).

Kegiatan digelar di Balai Pekon setempat dilaksanakan usai Pelaksanaan Apel dan Pengecekan Ranmor Dinas Bhabinkamtibmas Rayon C Polres Tanggamus.

Bertajuk “Pemberdayaan Potmas Untuk Ikut Berperan Dalam Menciptakan Situasi Kambtibmas Yang Kondusif di Wilayah Hukum Polres Tanggamus”, kegiatan dibuka Ketua BHP Pekon Wargomulyo Zainal Abidin, Ia mengapresiasi penyuluhan di Pekonnya.

“Terima kasih Polres Tanggamus yang dapat hadir memberikan penyuluhan di Pekon kami, rata-rata masyarakat Pekon kami merupakan bertani dan beternak, semoga yang disampaikan nanti dapat dijadikan ilmu yang bermanfaat oleh masyarakat pekon Wargomulyo,” tutur Zainal Abidin.

Kesempatan itu, Wakapolres mengenalkan diri dan memohon maaf Kapolres Tanggamus AKBP I Made Rasma tidak dapat hadir karena berada di Polda Lampung.

Kemudian dilanjutkan penyuluhan terkait Pemilihan Kepala Pekon (Pilkakon) yang akan segera digelar di Kabupaten Pringsewu khususnya Pekon Wargomulyo.

“Pilkakon merupakan Pesta politik tingkat Pekon dalam 5 tahun kedepan, gunakan hati nurani bukan otot. Masyarakat jangan sampai terpecah belah. Kepada para calon Kakon harus siap menang dan siap kalah, kepada yang terpilih nanti agar dapat merangkul yang kalah, dapat menjadi bapak, melindungi dan mengayomi warganya,” pesan Kompol Andik.

Lalu, terkait Kamtibmas menjelang Hari Raya Qurban, HUT RI, Asian Games serta gangguan Kriminal seperti pencurian hewan ternak, peran masyarakat sangatlah penting membantu terciptanya situasi yang kondusif.

“Menjaga situasi yang kondusif seperti pencurian hewan ternak. Agar diwaspadai dengan menghidupkan Siskamling serta menaruh hewan ternak yang dapat dipantau,” himbaunya.

Kemudian terkait operasi Bina Karuna Krakatau 2018 tentang pencegahan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), Wakapolres menghimbau agar tidak membakar hutan dan lahan. “Karena kalau itu terjadi akan berakibat tindakan hukum kepada pelakunya,” tegas Kompol Andik.

Lalu, Wakapolres meminta masyarakat memantau dan melaporkan paham-paham Radikalisme diwilayahnya masing-masing. “Lagi, masyarakat harus peduli dalam masalah Radikalisme, jika mengetahui agar segera melaporkan ke Bhabinkamtibmas dan Babinsanya,” ujarnya.

Terakhir, Wakapolres yang baru 5 hari menjabat tersebut, menitipkan Bhabinkamtibmas kepada masyarakat sehingga dalam pelaksanaan tugasnya dapat berjalan baik dan bersinergi dengan masyarakat.

“Kami titipkan kepada masyarakat, Bhabinkamtibmas tugasnya membina di wilayah Pekon. Melalui Bhabin utamakan selesaikan masalah sederhana melalui rembuk pekon dan agar Bhabinkamtibmas juga berkoordinasi dengan semua unsur, suskeskan program pemerintah, sampaikan dengan cara yang sopan dan tepat,” tandasnya.

Dilain pihak, Camat Pardasuka Dra. Titik Puji Lestari, MM juga mengucapkan terima kasih kepada Polres Tanggamus yang telah meluangkan waktu dan berbagi ilmu kepada masyarakat, Linmas dan perangkat pekon Wargomulyo

“Agar ketertiban keamanan mohon bantuan Bhabinkamtibmas dan Babinsa selalu berkoordinasi dengan perangkat Pekon dan kegiatan yang dilaksanakan untuk didukung seperti HUT RI ke-73 bantuan dari TNI-Polri terutama Paskibraka dapat dilatih guna suksesnya Upacara nanti,” harapnya.

Dalam kesempatan tanya jawab, Tokoh Masyarakat Tolhah Mahmud, menyampaikan apresiasiansinya terhadap Bhabinkamtibmas dan Babinsa di Pekon Wargomulyo. Menurut tokoh agama tersebut Bhabinkamtibmas dan Babinsa selalu berkoordinasi dan selalu mengayomi masyarakat dan meminta keduanya tidak diganti.

“Keduanya disini sangat bagus sehingga, mewakili masyarakat agar Bhabinkamtibmas dan Babinsa tidak diganti,” tandasnya.

Kegiatan penyuluhan dihadiri Kasat Binmas Polres Tanggamus Iptu H. Irfansyah Panjaitan, Kapolsek Pardasuka AKP Harry Suryadi, SH. Kasubbag Humas Iptu Ruzan Affani, Bhabinkamtibmas Kabupaten Pringsewu, Linmas, Mahasiswa KKN STMIK Pringsewu dan puluhan warga Pekon Wargomulyo. (Agus/red*)

Komentar

News Feed