oleh

Hindari Menggunakan Ponsel Di Ruangan Gelap

Mungkin kita sudah sering mendengar tentang efek negatif radiasi cahaya dari layar ponsel, tapi tak sedikit pula dari kita yang mengabaikannya. Padahal banyak studi ilmiah yang mengungkapkan bahwa cahaya yang dihasilkan dari layar ponsel dapat menyebabkan sel retina pada mata rusak. Dan tentu saja sangat mempengaruhi penglihatan kita.

Ternyata, cahaya dari ponsel dapat sangat lebih berbahaya bagi kesehatan mata jika kita menggunakan ponsel di ruangan yang gelap. Karena saat kita menggunakan ponsel di ruangan gelap, maka cahaya dari layar ponsel akan menyorot langsung ke arah mata. Dan hal ini dapat mengakibatkan kita menderita kanker mata, bahkan sampai kehilangan penglihatan.

Seperti dilansir dari laman healthonlinecentral, seorang pria berusia 40 tahun datang mengunjungi dokter karena mengalami masalah dengan penglihatannya yang memudar. Matanya memerah seperti cedera parah. Setelah melalui pemeriksaan, ternyata matanya rusak dan ia didiagnosa menderita kanker mata.

Setelah diketahui, penyebabnya sangatlah sepele. Dia selalu menggunakan ponselnya di ruangan gelap setiap malam kurang lebih selama 30 menit sebelum tidur. Dan inilah yang membuat komponen matanya rusak total. Sayangnya, dokter pun tidak dapat berbuat apa-apa dalam masalah ini. Karena untuk mengganti retina matanya yang rusak adalah hal yang sangat sulit.

Dari kejadian ini, mungkin kita dapat mengambil pelajaran yang sangat berharga. Menjaga selalu lebih baik daripada mengobati. Jadi, sebelum Anda mengalami hal serupa, lebih baik mulai saat ini hindari kebiasaan menggunakan ponsel di kamar yang gelap sebelum tidur.(vv)

 

Komentar

News Feed