oleh

Cara Cegah ISPA Saat Bepergian

Infeksi saluran pernapasan atas (ISPA) mencakup beberapa penyakit yang mudah dijumpai seperti batuk, pilek, dan radang tenggorokan. Kedua penyakit tersebut sangat mudah menular, terlebih saat bepergian ke tempat baru. Namun, penanganan dalam mencegah ISPA ternyata sangat mudah dan sederhana.

“ISPA bisa dicegah cukup dengan beberapa pola hidup higienis. Pertama yaitu mencuci tangan secara teratur selama perjalanan, serta hindari menyentuh bagian wajah, terutama mulut, hidung, dan mata dengan tangan,” ujar Spesialis Paru, dr. Ni Nyoman Priantini SpP, di Jakarta, Senin 24 Juli 2017.

Saat di perjalanan, banyak bakteri dan virus yang bisa memicu batuk dan pilek, serta radang tenggorokan. Setelah menjaga kebersihan, memperkaya diri dengan makanan yang mengandung vitamin tinggi, dapat mencegah bakteri dan virus jauh dari tubuh.

“Perbanyak konsumsi makanan kaya serat dan vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Hal ini agar Anda terlindung dari penyebaran virus dan bakteri,” ucapnya.

Menjaga kekebalan tubuh, selain melalui makanan, juga bisa dengan rajin berolahraga. Sebelum bepergian, pastikan Anda berolahraga secara cukup dan teratur untuk menjaga sistem imun tubuh.

“Olahraga secara teratur juga bisa membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan mengurangi risiko penularan infeksi. Selebihnya, kalau memang perlu, mengenakan masker untuk mengurangi debu-debu yang kotor masuk ke dalam pernafasan selama di perjalanan,” kata Nyoman.(vv)

Komentar

News Feed