oleh

Kalahkan Persebaya Persib Duduki Puncak Klasemen

-Olah raga-122 views

Persib Bandung memastikan diri memuncaki klasemen akhir putaran pertama Liga 1 2018 usai mengalahkan Persebaya 4-3 pada laga di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, Kamis 26 Juli 2018.

Jika Supardi Nasir Bujang berkibar di babak pertama dengan dua gol yang dicetaknya, Ghozali Muharam Siregar menjadi penentu kemenangan Persib lewat brace yang disumbangkannya di paruh kedua.

Sedangkan tiga gol Persebaya dalam pertandingan sengit ini disumbangkan Riky Kayame, Fandi Eko Utomo dan David Da Silva.

Dari 17 laga yang sudah dimainkan di sepanjang paruh musim pertama, Persib unggul satu poin dari Barito Putera dan PSM Makassar.

Bertindak sebagai tuan rumah, Persebaya mengambil inisiatif penyerangan sejak menit pertama.

Dua kesempatan didapat striker Bajul Ijo, David Da Silva. Namun, kedua tendangannya masih melenceng.

Kendati berada di bawah tekanan, PERSIB justru membuka keunggulan pada menit 4 ketika umpan Ezechiel N’Douassel disambar tandukan Supardi yang gagal dihadang kiper Persebaya, Miswar.

Pada menit ke-21, PERSIB menggandakan kedudukan melalui sontekan Supardi.

Ia lepas dari kawalan pemain Persebaya saat menyambar bola liar di dalam kotak penalti.

Sebelumnya, aksi menawan dilakukan Ghozali Siregar yang menusuk dari sisi kiri dan memberikan umpan mendatar kepada Ezechiel.

Namun sontekan Ezechiel digagalkan tiang gawang dan bola liar dituntaskan Supardi.

Tak banyak yang bisa diperbuat Persebaya seiring dengan penguasaan Persib di lini tengah.

Meski begitu ancaman masih diberikan Da Silva. Begitu juga dengan Riky Kayame yang menusuk dari sisi kanan.

Namun antisipasi yang sangat baik diperagakan Ardi Idrus membuat bola keluar dari lapangan.

Hingga babak pertama usai, PERSIB masih unggul 2-0 atas tuan rumah.

Tak ada pergantian pemain memasuki babak kedua. PERSIB langsung menebar ancaman melalui Dedi Kusnadar yang melepaskan sepakan keras dari luar kotak penalti.

Tapi sepakannya masih bisa ditepis Miswar ke sisi kanan.

Persib menambah keunggulan menjadi 3-0 pada menit ke-53 melalui aksi Ghozali.

Pemain yang menjadi “raja assist” ini justru mendapatkan bola dan berhasil mengelabui kawalan beberapa pemain bertahan Persebaya.

Saat sudah berhadapan dengan Miswar, ia melepaskan tembakan ke sudut kiri gawang Miswar.

Persebaya mulai bangkit dan akhirnya mendapat gol pertama di laga ini. Ancaman datang dari sisi kanan melalui Robertino Pugliara yang baru masuk menggantikan Rendi Irawan.

Pugliara mengirimkan umpan silang ke tiang jauh dan bola bisa disambar Riky Kayame yang berdiri tanpa kawalan. Gol pertama Persebaya terjadi di menit ke-57.

Persebaya kembali mencetak gol untuk mengubah skor 2-3 di menit ke-64. Kali ini, giliran Fandi Eko Utomo yang mampu memaksimalkan peluang yang kembali diciptakan Pugliara.

Namun, Persib kembali menjauh setelah Ghozali mencetak brace di menit ke-81. PERSIB pun unggul 4-2.

Tak diduga, Persebaya belum menyerah. Kali ini, striker David da Silva tak lagi membuang kesempatan dengan mencetak gol ketiga di menit ke-88.

Namun hingga pertandingan usai, skor akhir PERSIB 4-3 Persebaya tak berubah.

Susunan pemain

Persebaya: Miswar Saputra; Fandry Imbiri, Izaac Wanggai (59′), Abu Rizal, Ruben Sanadi; Rendi Irawan (56′), Misbakus Solihin, Fandi Eko Utomo, M. Hidayat (67′); Riky Kayame, David Da Silva.

Cadangan: Dimas Galih, M. Irvan, Rachmat Irianto (59′), Adam Maulana, Robertino Pugliara (56′), Rishadi Fauzi, Yohanes Pahabol (67′)

Persib Bandung: M. Natshir F.Mahbuby; Henhen Herdiana (77′), Bojan Malisic, Victor Igbonefo, Ardi Idrus; Supardi, Oh Inkyun, Dedi Kusnandar, Ghozali Siregar; Agung Mulyadi (66′), Ezechiel N'[Douassel

Cadangan:  I Made Wirawan, Indra Mustafa (77′), M. Al Amin Syukur Fisabillah, Hariono (66′), Eka Ramdani, Gian Zola Nasrulloh, Muchlis Hadi Ning.(wk)

 

Komentar

News Feed