oleh

Wifi Gratis Tanpa Registrasi di Sejumlah Venue Selama Asian Games 2018

-News-234 views

Palembang – Segala persiapan menuju Asian Games 2018 terus digenjot. Sektor komunikasi pun jadi sorotan dan prioritas pemerintah. Termasuk soal janji adanya WiFi gratis.

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menjamin akan hal itu. Apalagi waktu penyelenggaraannya sudah sebentar lagi, yakni Agustus-September 2018.

Rudiantara mengatakan penyediaan jaringan telekomunikasi dan internet berpita lebar (bandwith) kapasitas besar yang dilengkapi akses nirkabel (wireles fidelity/WiFi) gratis jadi prioritas pendukung Asian Games.

“Fasilitas ini bukan hanya diutamakan saat pertandingan, melainkan juga pada pembukaan dan penutupan acara,” katanya,  dalam sebuah Diskusi Media Forum Merdeka Barat 9 di Palembang, Sumatera Selatan.

Dalam diskusi bertema “Progres dan Kesiapan Asian Games 2018” tersebut, Rudiantara menaruh harapan besar akan kelancaran komunikasi. Sebab ia tahu betul ajang pesta olahraga terbesar se-Asia ini merupakan pertaruhan reputasi bangsa di mata dunia.

Sebelumnya, Rudiantara memang pernah menyampaikan bahwa pemerintah bakal menyediakan WiFi gratis selama penyelenggaraan acara. Menurutnya, adanya fasilitas ini akan menyenangkan hati masyarakat.

Maka dari itu ia mendorong WiFi gratis itu bisa digunakan tanpa perlu register. Ia ingin semua bisa mengakses dan langsung terkoneksi secara cepat.

Untuk itu, RA, sapaannya, menjamin keandalan teknologi informasi yang bakal diterapkan selama Asian Games 2018. Jaminan diperkuat dengan dengan ikrar dari para operator telekomunikasi dan internet beberapa hari lalu untuk menyiapkan jaringan dalam mendukung kegiatan Asian Games 2018, khususnya layanan WiFi.

Lantaran besarnya acara sekelas Asian Games, tentunya memerlukan bandwith berkapasitas besar. Salah satunya tentu saja karena setiap hasil pertandingan secara berkala harus dilaporkan ke Komite Pusat.

Rudiantara menekankan hal ini di hadapan peserta diskusi, termasuk Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin. Sekaligus meyakini, dalam waktu sebulan ini, seluruh arena pertandingan di Jakarta, Palembang dan kota pendukung lainnya, siap melayani kebutuhan telekomunikasi dan internet.

“Secara umum semuanya fasilitas pendukung telekomunikasi sudah siap karena tinggal beberapa penyelesaian akhir saja di beberapa lokasi pertandingan,” ujarnya.

Sebelumnya, Menkominfo juga telah memastikan sistem teknologi informasi (TI) untuk Asian Games 2018 sudah siap. Hal itu ia sampaikan usai meninjau kesiapan sejumlah venue.

“Tempat untuk BMX, hoki, tenis, praktis sudah siap semua. Terus juga TI-nya,” katanya.

Halama Tak sekadar meninjau, pihaknya juga sudah melakukan beberapa uji coba untuk mengetes sistem yang digunakan. Selain itu dilakukan juga perbaikan dari hasil evaluasi tim tersebut.

“Fiturnya sudah, user, aset dan tes sudah, mudah-mudahan tidak ada masalah,” ucap dia.

Kemkominfo menjanjikan hal-hal berbau teknologi, mulai dari sistem tiket daring, registrasi, serta nantinya penayangan hasil pertandingan, akan berjalan lancar.

Antisipasi celah-celah pada setiap sektor yang berpotensi menjadi target serangan juga dilakukan Kemkominfo. Hal ini agar peretasan seperti yang terjadi dalam pembukaan Olimpiade Musim Dingin PyeongChang 2018 lalu dapat dihindari.

Dalam Asian Games 2018, juga akan dilakukan uji coba jaringan 5G sehingga masyarakat dapat mencoba jaringan tersebut di sekitar venue Asian Games. (NoviantoFakta)

 

 

Komentar

News Feed