oleh

Wakil Bupati Pringsewu Fauzi : Keluarga Merupakan Tempat Pendidikan Pertama Bagi Proses Tumbuh Kembang Anak

-News-343 views

Min.co.id-Pringsewu-Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) dan Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) ke-25 tahun 2018 tingkat Kabupaten Pringsewu Senin pagi (23/7) diperingati dengan menggelar upacara bendera yang digelar di lapangan pemkab setempat.

Upacara yang dipimpin Wakil Bupati Pringsewu Dr.H.Fauzi, S.E., M.Kom., Akt., C.A. tersebut digelar dengan seluruh petugas upacaranya adalah anak-anak. Bertindak sebagai komandan upacara adalah Shifa Mutiara Nadhia dari Forum Anak Pringsewu, yang juga pelajar SMAN Pagelaran, sedangkan perwira upacara Muhammad Bimbie, pelajar SMAN 1 Pringsewu. Sementara itu petugas pembaca UUD 1945 adalah Bagas Nugroho, pelajar SMPN 1 Pringsewu, pengucap ikrar hak anak lndonesia Putri Kharisma, pelajar SMPN 3 Pringsewu, protokol upacara Revi Pramestika, pelajar SMAN 1 Pringsewu, pembaca do’a Imam Siregar dari Forum Anak Pringsewu, pelajar SMAN 2 Gadingrejo, serta petugas pasukan pengibar bendera (paskibra) adalah para pelajar SMAN 1 Pringsewu, yakni masing-masing Hafidz Al Yusuf, Arman Junaidi, dan Muhammad Sampurna.

Upacara diikuti seluruh jajaran Aparatur Sipil Negara Pemerintah Kabupaten Pringsewu, serta ratusan anak-anak yang merupakan para pelajar SD, SMP dan SMA se Kabupaten Pringsewu ini, juga dihadiri Wakil Ketua DPRD Kabupaten Pringsewu Sagang Nainggolan, Sekretaris Daerah Kabupaten Pringsewu Drs.H. A.Budiman P. Mega, M.M., para asisten dan staf ahli beserta para kepala organisasi perangkat daerah Kabupaten Pringsewu, jajaran muspida, Wakil Ketua TP-PKK Kabupaten Pringsewu Ny.Hj. Rita Irviani Fauzi, Ketua Dharma Wanita Persatuan Ny.Hj. Nurhayati Budiman, serta para penggiat dan pemerhati anak dari sejumlah LSM yang concern terhadap masalah anak.

Disela-sela acara peringatan tersebut juga diserahkan piagam penghargaan Pakarti Utama I kepada Kepala pekon (desa) Lugusari Sarjono sebagai juara pertama Lomba Kesrak PKK-KB-Kesehatan untuk Lingkungan Bersih dan Sehat (LBS) yang diserahkan langsung Wakil Bupati Pringsewu, Piagam penghargaan ini sendiri sebelumnya diberikan oleh Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI Puan Maharani Soekarno Putri kepada Ketua TP-PKK Kabupaten Pringsewu Ny.Hj. Nurrohmah Sujadi pada saat puncak peringatan Hari Keluarga Nasional di Manado, Sulut beberapa waktu lalu.

Selain itu juga diserahkan secara simbolis buku rekening untuk BKB Pekon (desa) Gadingrejo Timur, Kecamatan Gadingrejo, BKR Pekon Podomoro, Kecamatan Pringsewu, BKL Pekon Klaten, Kecamatan Gadingrejo, serta PPKBD dari Sub PPKBD Kelurahan Pringsewu Barat, Kecamatan Pringsewu.

Dalam rangka HARGANAS juga diumumkan para pemenang lomba yakni Susno (PKB Kecamatan Pagelaran Utara) untuk lomba PLKB Teladan, BKB Manggis (Pekon Waringinsari Barat, Kecamatan Sukoharjo) untuk lomba BKB, BKR Tritunggal (Pekon Lugusari, Kecamatan Pagelaran) untuk lomba BKR, BKL Pepaya (Pekon Waringinsari Barat, Kecamatan Sukoharjo) untuk lomba BKL, UPPKS Kresno Jati (Pekon Kresnomulyo, Kecamatan Ambarawa) untuk lomba UPPKS, Dwi Fitria Ningsih (Pekon Way Ngison, Kecamatan Pagelaran) untuk lomba Pembantu Pembina KB Desa (PPKBD), Ratna Ningsih (Pekon Kediri, Kecamatan Gadingrejo) untuk lomba Sub PPKBD, Misdi-Maryani (Pekon Way Ngison, Kecamatan Pagelaran), peraih penghargaan peserta KB Lestari 10 tahun, Suwardi-Sarminah (Pekon Sukoyoso, Kecamatan Sukoharjo), penghargaan peserta KB Lestari 20 tahun, serta Sugeng Pramono-Pertalena (Pekon Rejosari, Kecamatan Pringsewu), penghargaan Keluarga Harmonis.

Wakil Bupati Pringsewu Dr.H. Fauzi, S.E., M.Kom., Akt., C.A. dalam amanatnya mengatakan pemenuhan hak pendidikan dan kesehatan anak merupakan bidang paling krusial dan mendasar yang menjamin kualitas tumbuh kembang anak. Oleh karena itu, koordinasi dan kerjasama antar pemangku kepentingan sangat diperlukan, sehingga kita dapat memastikan semua anak dapat mengakses kualitas pelayanan kesehatan dasar tertinggi, dan menikmati hak pendidikan secara maksimal, serta hak berpartisipasi dan didengar pendapatnya.

Fauzi juga mengatakan bahwa keluarga merupakan tempat pendidikan pertama bagi proses tumbuh kembang anak, serta peletak pengetahuan dasar dan etika serta norma, yang juga pembentuk awal karakter seorang anak. (Agus/red*)

Komentar

News Feed