oleh

Komunitas Jakarta Tersenyum Gelar Kegiatan Bersih-Bersih

-News-186 views

Komunitas Jakarta Tersenyum (KJT) menggelar kegiatan bersih-bersih bertema Jakarta Clean Up Day di kawasan Taman Margasatwa Ragunan (TMR), Jakarta Selatan, Minggu (22/7/2018). Ratusan orang terlibat dalam aksi ini.

Ketua Umum KJT, Ivan Andi Darmawan menjelaskan, Jakarta Clean Up Day adalah gerakan untuk mewujudkan Jakarta yang bebas dari sampah.

Pemilihan TMR sebagai lokasi kegiatan dikarenakan kawasan ini sebagai lokasi wisata serta salah satu trandmark Jakarta.

“Ini merupakan yang ketiga kalinya digelar. Dua kegiatan lainnya diadakan di Pulau Tidung dan Kalibaru. Tujuannya untuk mengajak masyarakat agar bisa menjaga kebersihan dan tidak membuang sampah sembarangan,” katanya.

Para relawan dalam komunitas ini memunguti setiap sampah yang ada di lingkungan TMR.

Sejumlah pengunjung tempat wisata ini pun tampak bergabung menjadi pemburu sampah di TMR.

Salah satu pengunjung, Rinda (26), mengapresuasi gerakan komunitas ini untuk turut mewujudkan Jakarta yang bersih.

Ia memahami, sejak lama sampah telah menjadi persoalan yang tidak mudah diselesaikan, salah satunya disebabkan oleh kesadaran masyarakat yang minim dalam menjaga kebersihan.

“Kampanye-kampanye semacam ini saya rasa sangat positif untuk mengubah pola pikir masyarakat. Apalagi di TMR ini kan kita tahu, banyak warga yang bawa bekal, makan bersama, dan sebagian membiarkan sampahnya berceceran,” kata dia.

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno yang hadir dalam kesempatan itu mengatakan, upaya mewujudkan kebersihan lingkungan sejatinya perlu melibatkan masyarakat.

“Kan tidak bisa hanya mengandalkan pemerintah. Harus ada andil dari masyarakat untuk minimal jaga kebersihan. Kami akan terus mensosialisasikan mengenai hidup bersih. Kegiatan Clean Up Day ini merupakan wujud dukungan dari masyarakat,” ujarnya.

Sandi melihat program Jakarta bersih ini juga menjadi peluang lapangan kerja, salah satunya warga bisa membuka usaha di bidang kebersihan.

“Ini bisa juga membuka lapangan kerja, yang saya sebut sebagai green jobs. Lapangan kerja yang dihasilkan dengan budaya bersih,” katanya.

Ia berharap, dengan adanya kegiatan ini di tempat umum seperti TMR, bisa menjadi contoh bagi masyarakat untuk meningkatkan kesadaran dalam menjaga kebersihan.

“Karena kita tahu kegiatan Operasi Tangkap Tangan (OTT) yang dilakukan Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta masih belum bisa membuat masyarakat jera,” ungkapnya.(wk)

 

 

 

 

 

 

Komentar

News Feed