oleh

Hari Ini Semua Jalan Tertentu Bebas Kebijakan Ganjil Genap

-News-633 views

Min.co.id-Jakarta-Aturan mengenai ganjil genal mulai hari ini, Senin (11/6/2018) tidak berlaku.

Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menginformasikan, kebijakan pembatasan kendaraan di jalan-jalan tertentu tidak berlaku selama libur cuti bersama.

Melalui akun twitter TMCPoldaMetro dijelaskan, aturan ganjil genap tidak berlaku hingga Rabu (20/6/2018).

Sebelumnya, Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Budiyanto, juga menegaskan aturan itu tak berlaku selama libur bersama Lebaran.

“Kebijakan itu telah dikoordinasikan dengan sejumlah pihak, dan tidak akan diberlakukan selama masa cuti bersama Lebaran, kata Budiyanto seperti dilansir laman NTMCPolri, Minggu (10/6/2018).

Melihat dari tahun ke tahun, ketika Idul Fitri jalanan di Ibu Kota memang selalu sepi, tidak seperti biasanya. Sebab, masyarakat mudik ke kampung halamannya masing-masing.

“Saya juga berharap ini dapat dijadikan pedoman bagi masyarakat,” ujar Budiyanto.

Pembatasan kendaraan dengan cara ganjil-genap di wilayah DKI Jakarta berlaku setiap Senin-Jumat (kecuali hari libur dan libur nasional) pukul 06.00-10.00 WIB, dan 16.00-20.00 WIB.

Ganjil Genap di Jalan Tol

Kebijakan ganjil genap di Pintu Tol Bekasi (Barat dan Timur), Cibubur, Kunciran, Tangerang dan Karawaci selama masa cuti bersama lebaran yaitu tanggal 11 hingga 14 Juni dan 18 sampai 20 Juni 2018 juga tidak berlaku.

Hal tersebut sesuai dengan Peraturan Menteri Perhubungan PM Nomor 36 Tahun 2018 yang menyebut kebijakan tidak berlaku selama hari libur nasional.

“Cuti bersama lebaran 2018 merupakan hari libur resmi yang ditetapkan pemerintah melalui Keppres Nomor 13 Tahun 2018 dengan demikian dapat diperlakukan sama dengan hari libur nasional yang memungkinkan kebijakan ganjil genap sementara tidak berlaku,” kata Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Bambang Prihartono di Jakarta, Sabtu (9/6).

Kebijakan ganjil genap di jalan tol diberlakukan secara bertahap.

Sebelumnya, kebijakan itu hanya dilaksanakan di ruas jalan tol Jakarta-Cikampek (Bekasi-Jakarta). Kemudian diberlakukan di  Jalan Tol Jagorawi (ruas Cibubur-Jakarta), dan Jalan Tol Jakarta-Tangerang.

Di ruas Bekasi-Jakarta dilakukan mulai 12 Maret 2018.  Berlaku setiap Senin sampai Jumat pukul 06.00 hingga 09.00 WIB kecuali hari libur nasional.(wk)

 

Komentar

News Feed