oleh

Setnov di Jatuhi Hukuman 15 Tahun

-News, Politik-511 views

Min.co.id-Jakarta-Setya Novanto Mantan Ketua DPR RI di jatuhi vonis 15 tahun penjara putusan inidi bacakan oleh hakim Tipikor Jakarta,selasa 24/4/2018

Vonis ini lebih ringan dari tuntutan jaksa penuntut umum (JPU) pada Komisi Pemberantasan Korupsi(KPK) yang menuntutnya 16 tahun penjara dan denda Rp 1 miliar subsider 6 bulan kurungan.

Hakim menilai, mantan Ketua DPR itu terbukti secara sah melakukan korupsi dalam pengadaan proyeke-KTP. Majelis juga mencabut hak politik mantan Ketua DPR itu selama 5 tahun.

Pencabutan hak politikini akan berlaku setelah ia selesai menjalani masa tahanan.Setya Novanto juga diharuskan membayar uang pengganti US$ 7,3 juta, dikurangi Rp 5 miliar yangsudah dibayarkannya ke rekening tampungan KPK.

Jumlah duit yang harus dikembalikan tersebut sesuai dengan tuntutan JPU KPK.Setya Novanto telah melanggar Pasal 3 UU Tipikor Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubahdengan UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Jo Pasal 55 Ayat 1 ke 1.

Pasal tersebut mengatur tentang tindak pidana korupsi denganmenyalahgunakan wewenang.

Tak pembelaan yang ditepis mentah-mentah, permohonan Setya Novanto untuk menjadi justice collaborator (JC) atau saksi pelaku yang bekerja sama dalam kasus dugaan korupsi proyek pengadaane-KTP pun ditolak hakim.(lip)

Komentar

News Feed