Perhatikan 4 Kriteria ini, Dalam Memilih Asuransi

Tak Berkategori
    • Min.co.id,Jakarta – Baru-baru ini seorang petinggi perusahaan asuransi di Indonesia dikabarkan menjadi tersangka. Status hukum ini ditetapkan oleh Kepolisian setelah memproses laporan nasabah yang kecewa karena klaim asuransi di perusahaan berakhir gagal.

      Bagi seorang nasabah maupun perusahaan asuransi, klaim kerugian merupakan hal yang sangat krusial. Nasabah berkepentingan agar kerugian yang diderita dapat dialihkan ke perusahaan asuransi. Sedangkan perusahaan asuransi berkepentingan agar klaim tersebut benar adanya, bukan klaim aspal.

      Buat Anda yang sedang memilih perusahaan asuransi, cobalah menggunakan empat kriteria ini, seperti dikutip dari HaloMoney.co.id, Rabu 4 Oktober 2017:

      1. Usia perusahaan asuransi

      Perusahaan asuransi yang berdiri setahun atau dua tahun terakhir, tentu tidak lebih baik dari perusahaan asuransi yang telah berusia puluhan tahun. Sebab perusahaan tersebut telah terbukti bisa beroperasi dengan baik dan menjaga kepercayaan nasabah.

      Tapi bukan berarti perusahaan yang telah lama berdiri merupakan perusahaan yang sehat dan baik. Gunakan kriteria lainnya.

      2. Punya reputasi baik

      Anda tentu akan memilih menitipkan risiko hidup Anda kepada sebuah perusahaan asuransi yang kredibel dan memiliki reputasi baik. Dengan demikian Anda lebih yakin bahwa uang Anda tidak akan disalahgunakan oleh perusahaan asuransi tersebut.

      Cobalah mencari tahu reputasi perusahaan asuransi tersebut melalui teman hingga menelisik jejak digitalnya dalam mengelola polis asuransi hingga membayar klaim nasabah. Jika baik, pilihlah. Jika banyak komplain dan kekecewaan, sebaiknya hindari perusahaan tersebut dan coret dari daftar pilihan Anda.

      3. Premi murah tapi tidak murahan

      Premi yang bagus bukan berarti harus mahal. Premi yang baik harusnya ekonomis, tapi memiliki manfaat yang cukup lengkap. Jangan malas untuk membandingkan beberapa produk sepadan dari beberapa perusahaan asuransi agar Anda memperoleh produk yang bagus dengan harga yang terjangkau.

      4. Perhatikan kriteria khusus perusahaan asuransi

      Ada kriteria khusus perusahaan asuransi yang berkinerja baik yang perlu Anda perhatikan. Yakni Ratio Risk Based Capital (RBC), Rasio Likuiditas. Besarnya dana jaminan, cadangan teknis plus utang klaim, dan rasio beban klaim. Kenali masing-masing kriteria tersebut. Jika kriteria tersebut terpenuhi, perusahaan asuransi tersebut layak dipilih. (viva)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *