oleh

Ini Tips agar Cat Mobil Awet dan Tidak Kusam

-Otomotif-55 views

Min.co.id-Perawatan body mobil tampaknya menjadi salah satu langkah yang perlu dilakukan untuk menjaga agar penampilan eksteriornya tetap menawan.

Oleh sebab itu, sebagai pemilik mobil Anda diharuskan untuk selalu melakukan langkah perawatan rutin untuk menjaga supaya bodi pada mobil terlihat bersih dan tidak kusam meski sudah dimakan usia.

Hal ini bukan menjadi hal yang mustahil bila Anda tahu caranya. Mengingat, cara perawatan di sini tentu saja bisa dilakukan dengan mudah tanpa perlu ke salon mobil. Sehingga, Anda bisa melakukannya secara mandiri.

Dimana, beberapa langkah tersebut juga terbilang bisa dilakukan secara rutin, baik tiap hari atau tiap minggu tanpa memakan banyak biaya.

Nah, berkaitan dengan soal itu, berikut akan Mas Sena sampaikan beberapa langkah terkait dengan tips agar cat mobil awet dan tidak mudah kusam. Yuk, kita simak bersama tipsnya.

Cara Merawat Cat Mobil agar Tidak Kusam

Di bawah ini adalah langkah-langkah mudah dalam merawat cat mobil supaya awet dan tidak cepat kusam. Yang mana, berupa langkah pencegahan dan juga cara untuk menjaga agar cat tetap mengkilap seperti baru. Berikut cara yang bisa Anda lakukan.

Cuci Mobil Seminggu Sekali dengan Tepat

Tak bisa dipungkiri bahwa dalam merawat bodi mobil, satu aspek paling penting untuk menjaga agar cat mobil terlihat awet dan bersih adalah dengan secara rutin mencuci mobil dengan menggunakan sabun.

Tentu saja, mencuci mobil di sini juga tak sembarangan asal mencuci. Melainkan, Anda harus memahami apa saja tips mencuci mobil yang tepat agar bodi mobil selalu tampak terawat.

Salah satunya yang perlu dilakukan adalah tempatkan mobil di tempat yang teduh. Kemudian, siram seluruh bagian mobil dengan menggunakan air bersih secara merata.

Hilangkan beberapa noda menggunakan busa atau kain lembut. Hal ini dilakukan sebelum Anda membasuhnya dengan sabun.

Nah, setelah itu, gunakan sabun khusus pencuci mobil lalu basuh pada setiap bodi mobil secara merata dengan busa halus.

Bilas sampai bersih tanpa ada sisa sabun sama sekali yang menempel. Kemudian, keringkan dengan lap kanebo.

Hindari untuk membiarkan mobil kering dengan sendiri. Sebab, Hal ini dapat mempercepat pengelupasan cat mobil akibat adanya kandungan mineral yang terdapat pada air sumur/kran.

Lakukan pencucian mobil ini paling tidak dalam kurun waktu seminggu sekali atau 2 minggu sekali.

Hindari Mermarkir Mobil di Bawah Terik Matahari

Selain itu, Anda juga bisa melakukan langkah pencegahan cat mobil kusam dengan menghindari parkir mobil di bawah terik matahari.

Bukan tanpa alasan mengingat sinar UV yang terpancar ke bodi mobil akan mengoksidasi cat mobil sehingga gampang memudar dan mengelupas.

Jika dibiarkan terlalu lama maka warna daripada cat mobil pun akan terlihat lebih kusam. Oleh sebab itu, akan lebih baik jika Anda memilih tempat yang teduh saat memarkirkan mobil, seperti basement, garasi atau di bawah pepohonan rindang.

Bila memang terpaksa maka sesampainya mobil di rumah nantinya Anda harus segera mengelapnya dengan silicon.

Kenapa? Tentu saja ini merupakan langkah terbaik guna menjaga agar cat mobil yang terkena panas tadi menjadi lebih sejuk. Bahkan, akan memberikan perlindungan kembali pada cat mobil akibat panas berlebih yang diakibatkan paparan sinar UV.

Parkir Mobil di Dalam Garasi

Lalu, guna menjaga agar penampilan cat mobil tampak mengkilap, Anda bisa memarkirkan mobil di dalam garasi, baik saat siang ataupun malam.

Jika siang, tentu cara ini akan menghindari sengatan sinar matahari yang mengandung sinar UV. Sedangkan jika malam, langkah ini untuk mencegah munculnya embun pada bagian mobil.

Bukan tanpa alasan, embun malam juga mengandung zat asam yang terkandung air hujan. Bila dibiarkan maka bakal berdampak pada tumbuhnya jamur atau cat yang mengelupas.

Oleh sebab itu, sangat disarankan sekali untuk mencegah memarkir mobil di luar rumah. Yang mana, sebagai tips agar cat mobil awet dan tak tampak kusam.

Hindari Keseringan Menutup Mobil dengan Sarung Mobil

Tak bisa dipungkiri bahwa sarung mobil memang menjadi salah satu alat untuk menjaga mobil agar terhindari dari debu maupun paparan sinar matahari langsung ketika diparkir di luar.

Namun, ternyata hal ini memicu dampak masalah lain. Karena, jika terlalu keseringan maka justru akan memicu timbulnya embun akibat dari penguapan di dalam mobil yang tertutup sarung tersebut.

Embun atau uap ini secara tak langsung akan mengenai permukaan bodi mobil. Yang bila tak dihilangkan atau dibilas akan lengket serta memicu timbulnya jamur. Sehingga, tak ayal bila nantinya warna cat akan terlihat lebih kusam.

Maka dari itu, sangat disarankan bila memang tidak terlalu perlu, Anda tidak perlu menutup mobil dengan sarung. Cukup masukkan mobil ke dalam garasi sehingga mobil jauh lebih aman dari berbagai masalah yang mengancam permukaan cat.

Segera Cuci dan Bilas Mobil sesaat Setelah Hujan

Bilamana Anda setelah bepergian menggunakan mobil di musim hujan, tentu saja Anda harus segera mencuci mobil sekaligus sesampainya di rumah.

Bukan tanpa alasan, mengingat zat asam yang terkandung di dalam air hujan sangat berpotensi sekali memicu timbulnya jamur maupun pengelupasan pada cat mobil.

Apalagi, jika air hujan tersebut sudah bercampur dengan lumpur yang sangat kotor dan lengket.

Jika sudah demikian, segeralah bilas mobil dengan menggunakan air bersih. Tak perlu menggunakan sabun, Anda cukup membilas dan membersihkan bagian-bagian permukaan bodi mobil dari air hujan dan lumpur yang menempel.

Namun, hanya saja setelah itu jangan lupa untuk mengeringkannya dengan menggunakan kanebo untuk mencegah terjadinya korosi pada beberapa bagian mobil yang berbahan material besi.

Hindari mendiamkan mobil agar kering sendiri karena hal ini akan memicu masalah berupa plak bekas tetes air.

Langkah ini dinilai lebih efektif sebagai upaya preventif atau pencegahan terjadinya cat mobil terkelupas atau kusam yang diakibatkan karena terkena air hujan maupun lumpur.

Jadi, jangan tunggu lama lagi. Segera bilas mobil ketika sesampainya di rumah supaya air hujan yang menempel di bodi mobil pun hilang serta lumpur atau kotoran yang ikut menempel juga ikut hilang sewaktu dibilas.

Jika menelusuri beberapa langkah perawatan cat mobil di atas, sepertinya salah satu poin paling penting yang perlu Anda pahami dan lakukan adalah mencuci mobil secara rutin.

Tentunya, mencuci dengan cara yang tepat. Yakni menggunakan sabun khusus pencuci mobil, busa lembut, dan mengeringkannya menggunakan lap atau kain kanebo.

Di sisi lain, langkah preventif untuk mencegah terjadinya cat mobil kusam, yakni dengan menghindari memarkirkan mobil di area luar yang memungkinkan panas matahari langsung mengenai cat.

Sebab, bila ini dibiarkan maka akan membuat cat pada permukaan mobil menjadi kusam dan berpotensi mengelupas.

Jadi, beberapa langkah terkait dengan tips agar cat mobil awet di atas agaknya memang perlu dipahami dan dilakukan untuk menjaga supaya warna dan tampilan cat bodi mobil terlihat mengkilap dan selalu bersih.

sumber :semisena

Komentar

News Feed