oleh

Begini Cara Tepat dan Mudah Merawat Kopling Mobil

-Otomotif-47 views

Min.co.id-Dalam soal perawatan mobil, tentu ada beberapa bagian atau komponen penting yang perlu mendapat perhatian.

Dimana, setiap bagian tersebut memiliki intensitas perawatan yang berbeda-beda, tergantung dari peran dan fungsinya sendiri.

Salah satu aspek penting dalam soal perawatan mobil adalah merawat kopling mobil itu sendiri. Yang mana justru hal ini jarang diperhatikan oleh para pemilik kendaraan roda empat.

Padahal, perawatan berkala kopling mobil  itu sangat penting demi menjaga performa mobil saat dikendarai di jalanan. Terutama di medan yang menanjak dan tak rata.

Jika kopling mengalami kerusakan maka sudah barang tentu akan berdampak pada sistem pengendaraan mobil yang terganggu. Ini tentu akan berpengaruh pada kenyamanan pengemudi.

Oleh sebab itu, tak ada alasan lain lagi bagi Anda untuk tak memperhatikan komponen kopling mobil ini.

Nah, sebagai tindakan preventif atau pencegahan, berikut Anda bisa menerapkan langkah-langkah konkrit dan mudah mengenai merawat kopling mobil yang bisa dilakukan mandiri di rumah. Apa saja dan bagaimana caranya? Yuk, kita simak bersama ulasan lengkapnya.

Tips Merawat Kopling Mobil dengan Langkah Mudah

Berikut ini adalah langkah terbaik yang patut Anda lakukan sebagai cara untuk merawat kopling mobil yang mudah agar awet dan membuat pengemudi merasa nyaman dalam berkendara. Berikut ulasan caranya.

Hindari Meletakkan Kaki di Atas Pedal Kopling

Salah satu langkah sepele namun efektif sebagai tindakan untuk menjaga agar kopling mobil awet adalah dengan menghindari meletakkan kaki di bagian atas daripada pedal kopling mobil secara terus menerus.

Kenapa demikian? Tentu saja ada alasan yang sangat kuat.

Karena, saat Anda meletakkan kaki pada pedal kopling secara terus menerus pada saat mobil bergerak, secara otomatis dan tak sadar akan membuat kuku di piringan kopling (matahari/clutch cover) menjadi cepat lemah, selain bearing kopling (release bearing) yang dipaksa kerja keras akan cepat rusak.

Kondisi tersebut tentu saja menjadi beban bagi kopling mobil. Jadi, sangat dianjurkan sekali untuk mencoba menaruh kaki di bagian lain yang sekiranya tidak menginjak pedal kopling.

Oleh sebab itu, sebisa mungkin untuk menghindari hal tersebut supaya nantinya kopling pada mobil menjadi lebih tahan lama dan selalu memberikan kinerja yang handal.

Jangan Menahan Mobil dengan Setengah Kopling

Mungkin, bagi beberapa pengendara tak jarang yang sering menahan setengah kopling saat melewati tanjakan yang tinggi.

Wajar mengingat ini merupakan langkah efektif untuk mempermudah pengemudi dalam menyesuaikan kopling dengan gas.

Namun, apa di kata jika langkah tersebut justru berdampak buruk pada kondisi kopling itu sendiri.

Pasalnya, jika hal ini dilakukan secara terus menerus justru akan menyebabkan gesekan terus menerus antara clutch cover dan kampas kopling, dan membuat kampas kopling cepat aus.

Sebagai gantinya, solusi terbaik ketika mengendarai mobil di tanjakan adalah dengan menarik tuas rem tangan. Mengingat, langkah ini dinilai lebih efektif untuk menjaga kondisi kopling agar dalam keadaan yang aman dan awet.

Hindari Melepas Kopling secara Mendadak

Kemudian, langkah tepat untuk merawat kopling mobil yang bisa Anda lakukan adalah dengan meminimalisir penggunaan kopling secara tiba-tiba.

Dengan kata lain, sebisa mungkin Anda harus menghindari untuk tidak melepas kopling secara tiba-tiba.

Karena, saat memindah atau melepas kopling secara kasar justru akan berpotensi sekali merusak permukaan dan per pada plat kopling.

Disamping itu pedal kopling juga akan terasa bergetar, jika pedal kopling dilepaskan tiba-tiba. Sehingga, jika hal ini dilakukan secara terus menerus atau berulang kali maka akan membuat pedal kopling menjadi mudah mengalamai kerusakan.

Bahkan, tak menutup kemungkinan kampas kopling pun harus mendapat penggantian dengan yang baru. Ini tentu akan membuat intensitas penggantian kampas kopling menjadi lebih cepat karena penggunaan kopling yang kurang tepat.

Cek Berkala Indikator pada Tabung Minyak Kopling

Dalam proses perawatan pada kopling mobil, tentu saja salah satu hal penting untuk menjamin kondisi kopling selalu dalam kondisi prima adalah dengan menjaga minyak kopling.

Pengecekan indikator pada tabung minyak kopling sudah tentu menjadi hal wajib diperiksa. Hal tersebut bertujuan untuk mengetahui kapasitas minyak kopling.

Mengingat, jika terjadi ada penurunan kapasitas minyak kopling maka itu menandakan bahwa ada kebocoran di bagian master kopling bawah.

Jika saat pengecekan terjadi hal demikian maka sudah barang tentu Anda harus mengganti kit kopling guna mencegah terjadinya masalah saat mobil dilajukan.

Dari hal tersebut, di sinilah letak pentingnya menjaga kondisi minyak kopling mobil agar selalu dalam batas indikator yang ideal. Sehingga, kopling slip bisa diminimalisir secara maksimal.

Cek Ketinggian Pedal Kopling

Di lain sisi, satu hal yang perlu dijadikan pertimbangan adalah mengecek ukuran daripada ketinggian pedal kopling.

Karena, pedal kopling yang pemasangannya kurang presisi maka akan memicu pedal kopling yang terasa keras saat diinjak.

Oleh karena hal tersebut maka Anda harus selalu menjaga agar ketinggian pedal kopling dalam posisi yang pas dan presisi atau setidaknya sesuai dengan rekomendasi ukuran standar pabrik.

Sudah barang tentu ini menjadi salah satu hal yang tidak bisa dipungkiri lagi bagi Anda untuk mengecek bagian ini.

Mintalah kepada mekanik saat service untuk menyetel ulang ukuran pedal kopling agar sesuai dengan posisi berkendara untuk mencegah terjadinya kesalahan saat menginjak pedal kopling.

Usahakan Netralkan Transmisi Mobil saat Berhenti

Saat berkendara, usahakan untuk menetralkan transmisi ketika mobil berhenti. Hal ini tentu dilakukan guna menjaga agar kondisi kopling tidak terbebani.

Lakukan hal ini sesaat berhenti di lampu merah. Sehingga, resiko kampas kopling yang cepat aus bisa diminimalisir secara maksimal.

Service Khusus Kopling

Pada saat Anda melakukan service rutin, tentu satu hal pasti yang perlu dilakukan adalah dengan meminta mekanik untuk turut memeriksa kondisi kopling mobil.

Dimana, pemeriksaan di sini berperan penting untuk mengetahui kondisi terkini bagaimana keadaan kopling mobil.

Paling tidak, jika dilakukan service berkala maka jika ada indikasi kerusakan bisa langsung diperbaiki bersamaan saat service dilakukan.

Oleh sebab itu, sangat disarankan sekali untuk selalu mengecek rutin secara keseluruhan pada bagian kopling mobil ini.

Setelah memahami beberapa langkah perawatan di atas maka sudah pasti Anda lebih bisa teliti mengenai bagaimana cara merawat kopling pada mobil Anda.

Namun, satu hal paling penting dalam proses perawatan adalah soal pengecekan di bagian minyak kopling dan perlakuan Anda dalam mengendarai mobil. Mengingat, dua hal tersebut memiliki pengaruh paling besar terhadap daya tahan dan keawetan kopling itu sendiri.

Oke teman-teman, apakah sudah bisa dipahami ulasan di atas? Kiranya, Mas Sena berharap bahwa artikel soal bagaimana langkah tepat dalam merawat kopling mobil di atas bisa menjadi artikel yang mampu memberi manfaat untuk teman-teman sekalian.

sumber :semisena

Komentar

News Feed