oleh

Asal Muasal Kata Bontot yang Diberikan Kepada Dalang Muda Ading Bontot Asal Majalengka

Min.co.id, Majalengka – Ading Nadirhan (17) alias Ading Bontot adalah seorang dalang wayang golek yang tergabung pada Campaka Bodas Majalengka yang pada tahun ini mendapat gelar juara pada pestival dalang muda tingkat Nasional yang diselenggarakan PEPADI dengan menjadi juara pertama pada kategori Sabet tahun 2020.

Tapi semua orang belum pada tahu sejarah penamaan Bontot kepada dalang muda ini yaitu Ading Bontot didapat semenjak Ading Nadirhan mementaskan dan menjadi dalang cilik pada waktu usia 12 tahun waktu duduk dikelas 5 SD.

Menurut keterangan bahwa Ading ini sejak kecil kalau bermain selalu memainkan dan memperagakan gerakan wayang dari bahan apapun yang ditemukannya termasuk sandal jepit sering dimainkan layaknya wayang.

Seperti diungkapkan orang tuanya Dedi Bontot menceritakan awal mula anaknya menyukai wayang dan menjadi dalang, Ading kecil semenjak berumur 3 tahun sering kelihatan memainkan barang rongsok dan sandal jepit yang dianggap nya wayang bahkan salah seorang pengurus desa sampai bilang kepada orang tuanya untuk memeriksakan anaknya itu Ading ke doktet phisikiater yang menurutnya takut terganggu ungkapnya.

Tetapi lama kelamaan kebiasaan nya itu terungkap menjadi cita cita Ading sejak kecil ingin menjadi seorang dalang wayang golek dengan dibuktikan berlatih dan memainkan wayang golek dan hasilnya bagus karena disetiap kesempatan suka tampil dalam pertunjukan wayang selalu bagus membawakan alur cerita dan memainkannya.

Akhirnya pada kelas 5 SD itulah disematkan nama Bontot dengan mengambil kata Bontot dari nama kakeknya yang seorang seniman asal Majalengka yang terkenal dengan banyolan, kelucuan dan perannya pada grup Reog pada masa itu ungkapnya.

Dedi Bontot sebagai orang tua dari Ading Bontot mengucapkan terimakasih kepada seluruh masyarakat Majalengka khususnya Dinas Pariwisata dan kebudayaan melalui Kepala Dinas Dr. Hj. Lilis Yuliasih, M.M.Pd yang sudah mensuport dan mendukung kepada Ading untuk mengikuti ajang festival dalang muda tingkat Nasional ini pungkasnya. (topik)

Komentar

News Feed