oleh

Pameran Produk Inovasi Karya Siswa SMK

-Tak Berkategori-837 views

min.co.id/Surakarta –  Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK tingkat nasional tahun 2017 memiliki beberapa kegiatan pendukung, antara lain seminar nasional, seminar internasional, dan pameran produk inovasi. Di Pameran Produk Inovasi LKS SMK 2017, terdapat puluhan stan SMK dari berbagai daerah. Mereka memamerkan hasil karya sesuai bidang keahlian atau kejuruan masing-masing.

SMK Negeri 2 Katingan Hilir, Kalimantan Tengah, memamerkan kerajinan tangan yang terbuat dari rotan. Kerajinan tangan yang dibawa ke pameran ini adalah hasil karya siswa jurusan Teknik Furnitur. Di SMKN 2 Katingan Hilir, siswa jurusan Teknik Furnitur tidak hanya diajarkan membuat mebel seperti kursi, meja, atau lemari, melainkan juga memproduksi kerajinan tangan dari rotan, seperti topi, tas, dompet, dan lawu (ikat kepala khas Kalteng).

Novita, salah satu siswa yang bertugas menjaga stan SMKN 2 Katingan Hilir, mengatakan, Kalteng merupakan provinsi penghasil rotan. “Bahkan, Kabupaten Katingan Hilir merupakan daerah penghasil rotan terbesar di Kalteng,” ujarnya di lokasi Pameran Produk Inovasi SMK, di Stadion Manahan Surakarta, Jawa Tengah, Kamis (18/5/2017).

Membuat produk dengan memanfaatkan hasil alam juga dilakukan SMKN 2 Pinrang, Sulawesi Selatan. Di stan SMKN 2 Pinrang, pengunjung dapat mencoba atau membeli bandeng cabut duri, bakso bandeng, kue karasa, dan bolu cukke. Makanan tersebut diproduksi oleh siswa SMKN 2 Pinrang jurusan

Komentar