oleh

Sorgum, Selain Pangan Bisa Dijadikan Gula Cair Dengan Harga Fantastis

-Kuliner-147 views

Min.co.id, Majalengka – Sorgum atau Sorgumbicolor adalah tanaman serbaguna dengan masuk jenis padi padian juga dapat digunakan sebagai sumber pangan dengan keunggulannya yang mudah dimanfaatkan seperti di buat pakan ternak dan bahan baku industri.

Bahkan beberapa keterangan dalam artikel menjelaskan bahwa sorgum sebagai bahan pangan berada pada urutan ke-5 setelah gandum, jagung, padi, dan jelai. Sorgum merupakan makanan pokok penting di Asia Selatan dan Afrika.

Bahkan salah seorang peneliti muda untuk memenuhi studi ahirnya khusus mengadakan penelitian sorgum yang dijadikan gula liguid (cair) dan sudah mulai beredar dengan harga yang lumayan menjanjikan juga bisa menyehatkan.

Hal ini terungkap dari Elen mahasiswa perguruan tinggi jawa barat fakultas teknologi pangan yang sedang mengadakan riset tentang gula sorgum di wilayah Desa Cieurih Majalengka dengan pengambilan bahan baku membuat gula dari nila sorgum.

Hal ini dibenarkan oleh Nandang Darana yang mengembangkan tanaman sorgum di Majalengka dan dikenalkan kepada petani desa cieurih saat ditanya jurnalis media min.co.id di kebun sorgum cijurey, Selasa (19/1/2021).

Padahal kata Nandang kalau serius digarap tanaman sorgum ini akan bagus dan harga jualnya juga sangat menarik dan mahal dipasaran salah satunya gula cair sekarang dipasaran mencapai Rp. 120.000 per 300 ml yang udah berlabel kata Nandang. (topik)

Komentar

News Feed