oleh

Cara Membersihkan Jok Mobil sesuai Bahannya

-Otomotif-40 views

Min.co.id-Tak hanya cukup soal sisi eksterior dan mesin saja, interior pun juga menjadi sektor pada mobil yang perlu dijaga kebersihannya. Hal ini menjadi kewajiban bagi setiap pemilik mobil.

Salah satu bagian dari interior yang perlu mendapat perawatan dan perhatian adalah jok pada mobil. Pasalnya, jok merupakan bagian penting sebagai penopang tubuh yang harus selalu dijaga kebersihannya.

Sebab, kebersihan jok Mobill akan menunjang rasa nyaman bagi para penumpang. Sehingga, akan membuat penumpang, termasuk Anda merasa betah dalam mobil.

Ada beberapa cara membersihkan jok mobil yang perlu Anda ketahui dan pahami sebagai pemilik mobil. Hal ini diperlukan supaya Anda bisa melakukannya sendiri tanpa harus pergi ke salon jok mobil. Sehingga, akan menghemat biaya.

Cara Membersihkan Jok Mobil

Apalagi, membersihkan jok mobil itu terbilang mudah dan simple. Hanya saja, meski mudah namun tidak bisa dilakukan dengan asal-asalan. Mengingat, setiap jok mobil dibuat atau dirancang dengan bahan material yang berbeda-beda.

Di sinilah perlunya memahami cara membersihkan jok mobil sesuai dengan bahan material pembuatannya. Mengingat, beda bahan tentu saja akan berbeda langkah perawatan maupun cara membersihkannya.

Nah, berkaitan dengan soal itu, Mas Sena akan berbagi tips atau cara membersihkan jok mobil yang bisa Anda lakukan secara mandiri sesuai dengan bahan material pembuatan dari jok tersebut.

Cara Membersihkan Jok Mobil

Tak bisa dipungkiri bahwa jok mobil memerlukan perhatian dan perawatan khusus, salah satunya dengan rajin membersihkannya agar lebih awet dan membuat penumpang merasa nyaman. Adapun untuk soal cara membersihkan jok mobil adalah sebagai berikut.

Mempersiapkan Alat dan Bahan Pembersihan Jok Mobil

Langkah pertama dalam menerapkan cara membersihkan jok mobil adalah dengan mempersiapkan alat beserta bahan yang diperlukan. Beberapa alat dan bahan yang diperlukan antara lain yaitu :

  1. Vacuum Cleaner/kemoceng
  2. Air hangat
  3. Detergen (usahakan detergen cair)
  4. Ember plastik ukuran 6 liter atau lebih
  5. Handuk
  6. Busa Spons

Pertama, bersihkan jok mobil dengan menggunakan vacuum cleaner untuk membersihkan debu dan kotoran sejenis debu yang menempel.

Berikutnya, siapkan air hangat yang dimasukkan ke dalam ember tadi. Setelah itu, tuangkan detergen cair secukupnya saja.

Gunakan busa spons tadi untuk membersihkan bagian jok dan usap setiap sisi secara perlahan-lahan. Usahakan untuk penggunaan spons ini, air jangan terlalu membasahi bagian jok agar nantinya mudah kering.

Bila sudah maka usap menggunakan handuk yang telah dibasahi terlebih dahulu. Ini merupakan langkah paling akhir yang mana perlu dilakukan untuk menghilangkan residu dari deterjen cair yang terkandung saat mengusap menggunakan spons tadi.

Nah, itu tadi merupakan cara membersihkan jok mobil secara umum yang berbahan kain. Lakukan hal tersebut secara rutin paling tidak sebulan atau dua bulan sekali untuk mencgah timbulnya jamur atau noda yang mengeendap.

Sementara itu, adapun untuk pembersihan jok secara khusus disesuaikan dengan bahan material pembuatannya.

Membersihkan Jok Mobil Berbahan Kulit

Membersihkan Jok Mobil Berbahan Material Kulit

Nah, untuk cara membersihkan jok mobil yang berbahan kulit, tentu dibutuhkan perhaian dan langkah cukup teliti dalam penerapannya supaya jok menjadi bersih dan terawat.

Hal pertama yang perlu Anda lakukan untuk membersihkan jok berbahan kulit adalah dengan membersihkan debu maupun kotoran dengan vacuum cleaner secara merata pada setiap sisi.

Langkah ke dua yakni dengan mengusap jok dengan menggunakan spons yang sudah tercampur dengan sabun/detergen cair.

Setelah selesai diusap, segera bersihkan dengan kain bersih dan lembut. Jangan ditunggu sampai kering, karena dikhawatirkan residu dari sabun cair akan mengendap di bahan jok yang berakibat pada menurunnya kualitas jok.

Terakhir, Anda harus mengusapkan kondisioner pada jok mobil agar bahannya senantiasa terawat dan tidak cepat rusak.

Ini tentu menjadi cara membersihkan jok mobil bahan kulit yang bisa Anda lakukan sendiri secara rutin sebulan sekali di rumah.

Membersihkan Jok Mobil Berbahan Tenun

Pembersihan Jok Berbahan Tenun

Seperti pada awal tadi, Mas Sena sempat katakan bahwa beda bahan tentu beda perlakukan. Kali ini, Anda perlu memahami cara membersihkan jok mobil berbahan dasar tenun.

Untuk alatnya, ada sedikit tambahan, yakni botol sprayer, sikat halus (sikat gigi), dan sabun pencuci piring sebagai pengganti detergen cair.

Langkah awal yang perlu Anda lakukan yakni dengan mencampurkan air hangat dengan sabun pencuci piring secukupnya ke dalam ember. Kemudian, masukkan ke dalam botol spryer. Kocok sampai terlarut semua.

Jika sudah maka langkah selanjutnya yang perlu dilakukan yakni semprot cairan tadi ke setiap sisi dari bagian jok. Lalu, sikatlah bagian itu menggunakan sikat halus, seperti sikat gigi.

Usahakan jangan menggunakan sikat yang kasar karena dikhawatirkan justru bisa merusak tenun dari bahan jok tersebut.

Tak perlu menunggu sampai kering, segeralah bilas bagian jok yang sudah terkena sabun pencuci piring tadi.

Khusus untuk noda yang membandel, Anda bisa membersihkannya dengan lap bersih yang terlebih dahulu direndam di air hangat yang dicampur sabun pencuci piring. Untuk hasil maksimal, lakukan pembilasan ini sesering mungkin. Untuk mengeringkan jok, Anda bisa menggunakan kain berserat.

Membersihkan Jok yang Berbahan Kulit Sintetik

Selain itu, cara membersihkan jok mobil yang berbahan kulit sintetik tentu sedikit berbeda dengan dua bahan yang telah diulas di atas.

Khusus kulit sintetis, jangan menggunakan sabun pencuci piring atau detergen cair atau alkohol karena akan merusak jok berbahan sintetis.

Gunakan shampoo atau bisa juga cairan pembersih kaca. Caranya, semprotkan cairan ke setiap sisi jok lalu usap dengan kain lembab yang lebut.

Atau, Anda juga bisa menggunakan cara lain yakni dengan merendam ain dengan air hangat kemudian diusap bersamaan dengan cairan tadi pada bagian jok yang terkena noda membandel.

Langkah ini cukup efektif untuk menghilangkan kotoran atau noda pada jok mobil yang berbahan dasar kulit sintetis (kulit buatan).

Membersihkan Jok Mobil Berbahan Kulit Sintetis

Sebagaimana uraian di atas, tentu saja ada banyak tips atau cara membersihkan jok mobil yang bisa disesuaikan dengan bahan material pembuatannya. Hal ini tentu saja menjadi salah satu hal yang perlu dipahami agar jok mobil menjadi lebih terawat dan tentunya awet tahan lama.

Tak sampai di situ saja, jika memang jok pada mobil sudah mulai rusak dan perlu diganti maka sewajarnya segera untuk menggantinya. Karena, dikhawatirkan justru jok yang rusak atau robek akan memicu kotoran lain atau bahkan hewan-hewan kecil bersarang di dalamnya.

Maka, untuk mencegah hal tersebut, disarankan sesegera mungkin mengganti jok dengan bahan material baru yang disesuaikan dengan kebutuhan dan budget.

Di sisi lain, hal yang perlu Anda lakukan dalam cara merawat jok mobil ini adalah dengan melakukan pembersihan harian. Dimana, Anda bisa membersihkan jok mobil menggunakan kemoceng atau lap bersih yang kering dan lembut untuk meminimalisir debut yang mungkin masuk atau menempel.

Itu tadi ulasan mengenai cara membersihkan jok mobil yang tepat dan sesuai dengan bahan material dasar pembuatannya. Semoga bermanfaat bagi kawan-kawan semua. Sekian dan sampai jumpa.

Sumber : semisena

Komentar

News Feed