oleh

Bupati Garut Lantik Pengurus Dekranasda Garut Periode 2019 – 2024

Min.Co.Id-Garut-Bupati Garut H Rudy Gunawan melantik Pengurus Baru Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) kabupaten Garut Periode 2019 – 2024, bertempat di Lapang Setda Garut, Senin (17/06/2019).

Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam apel Gabungan bersama bersama Aparatur Sipil Negara (ASN) dilingkungan Pemerintah kabupaten Garut, yang dihadiri oleh Wakil Bupati H Helmi Budiman, Para asisten, Para Kepala OPD, Staf Ahli, para ASN dan Tenaga Honorer di lingkungan Pemkab Garut.

Dalam amanatnya Bupati Garut mengatakan, bahwa menjadi pengurus dekranasda itu adalah organisasi independen yang nirlaba, sebagai Mitra pemerintah untuk memberikan bimbingan dorongan dan juga sekaligus memotivasi seluruh stakeholder yang mempunyai hubungannya dengan kerajinan lokal yang berbasis bahan baku lokal dan penentu yang spesifik di daerah masing-masing.

”Jadi kalau di Garut dekranasda itu harus bisa mengembangkan sesuatu yang ada di Garut dari mulai, Kerajinan Akar Wangi, kerajinan kulit dan Batik Garutan Batik Garutan itu jauh lebih lama dari Cirebon,” ungkap Bupati.

Dikatakan Bupati, kerajinan batik Garutan yang sejak sebelum tahun 1800 Kanjeng dalam pertama istri-istri Kanjeng dalem selalu menggunakan Batik Garutan, tentu kita ingin kembangkan karena pada tahun 1937 untuk yang pertama kali di Kabupaten Garut berdiri satu industri Batik Garutan yang kemudian menjadi Pabrik Tenun Garut (PTG) yang tentu kita juga prihatin dan itu sudah hilang sejak tahun 1990.

”Tetapi sekarang orang mulai berduyun-duyun datang ke Garut untuk mencari Batik Garutan yang sudah dimodifikasi harganya pun kalau dulu mungkin puluhan ribu atau ratusan ribu sekarang Batik Garutan sudah mencapai angka di atas jutaan, ada kerajinan bandu dari Selaawi dan kerajinan kerajinan kulit yang sangat terkenal,” terangnya.

Terakhir Rudy berharap, meskipun susunan pengurus-pengurus jajaran Dekranasda Garut selain dari kalangan pengusaha, terdapat juga gabungan dari beberapa SKPD, namun sekali lagi bahwa Dekranasda adalah organisasi Independen yang nirlaba, selain itu harus menjadi motivator bagi para pengrajin Garut.

”Saya berharap ke depan Dekranasda ini menjadi motivator bagi mereka terutama usaha kecil dan menengah dengan kearifan lokal yang ada potensi-potensi daerah Garut dalam mengembangkan kerajinan daerah,” pungkas Rudy.(humasgarut)

Komentar

News Feed