oleh

Besok, Ruas Tol Surabaya-Kertosono Bisa Dilalui Pemudik

-Tak Berkategori-182 views

Ruas Tol Surabaya-Kertosonomin.co.id/Surabaya – Ruas Tol Surabaya-Kertosono mulai hari Senin (19/06/2017) akan dibuka sebagai jalur alternatif mudik lebaran. Untuk kesiapannya, Gubernur Jawa Timur Soekarwo telah meninjau untuk melihat kondisi jalan dan kesiapan para petugas jalan Tol Surabaya-Kertosono pada hari Minggu (18/06/2017).

Walaupun sebagian masih fungsional, Soekarwo menjelaskan bahwa jalan Surabaya-Mojokerto telah layak dimanfaatkan sebagai jalur mudik. Walaupun masih terdapat keurangan-kekurangan seperti tidak terdapatnya penerangan, jalan sebidang, rest area, dan juga rambu jalan.

Tidak semua jenis angkutan yang dapat masuk jalur fungsional, menurut dia jalur tersebut hanya akan diperuntukan kendaraan kelas 1 non bus dan non angkutan barang. Tol tersebut akan dibuka pada tanggal 19 hingga 26 Juni 2017.

“Untuk jalan tol yang masih fungsional, dibuka pukul 06.00 WIB dan ditutup pukul 17.00 WIB. Jalur fungsional yang ada, yakni jalur Waru-Sepanjang-Driyorejo-Krian dan Mengkreng-Kertosono,” kata Gubernur Jawa Timur Soekarwo, dilansir dari Republika.co.id, Minggu (18/06/2017).

Beliau menyarankan bagi para pemudik yang melewati jalur fungsional agar menjalankan kendaraannya dengan kecepatan 40-50 kilometer per jam. Pasalnya, ia menilai saat ini kondisi ruas tol telah siap untuk digunakan dan telah dilakukan pengaspalan.

Rencana tarif sebesar Rp 1.500 untuk ruas tol fungsional Waru-Sepanjang. Namun, Gubernur akan mengusulkan agar tidak ada biaya sehingga tidak membebani masyarakat. Dalam peninjauan ini, Gubernur didampingi oleh Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jatim Wahid Wahyudi, Kadis PU Bina Marga Provinsi Jatim Gatot Sulistyo Hadi, dan Kepala Biro Humas dan Protokol Pemprov Jatim Benny Sampir Wanto.(rnh)

Komentar