oleh

BMKG : Lempeng Indo-Australia Penyebab Gempa Bumi Di Tasikmalaya.

-Tak Berkategori-143 views
Min.co.id-Kepala Pusat Gempa Bumi Dan Tsunami BMKG Mochamad Riyadi Menerangkan,Gempa yang terjadi di selatan Jawa terjadi karena akibat aktivasi sudduksi lempeng Indo-Australia ke bawah lempeng Eurasia dan masuk dalam klasifikasi gempa berkedalaman menengah.
Saat gempa terjadi pukul 23.47 WIB, hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi berkekuatan 6.9 SR dengan koordinat episenter pada 7,75 LS dan 108,11 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 6 km arah tenggara Kota Bantarkalong, Kabupaten Tasikmalaya, Provinsi Jawa Barat pada kedalaman 120 Km.
Gempa Bumi dengan kekuatan 6,9 SR juga dirasakan getarannya di daerah, Jakarta, Bandung, Depok, KarangKates, Ngawi, Madiun, Nganjuk, Jogjakarta,Kebumen serta pesisir selatan pulau Jawa.
Hasil Pantauan BMKG,adanya Aktivitas Gempa Bumi susulan sebanyak Tiga Kali dengan kekuatan 3.4 SR,sabtu (16/12/2017) pukul 01.05.kepada masyarakat di wilayah Kabupaten Tasikmalaya di himbau jangan Panik dan tetap tenang,serta tidak terpengaruh oleh informasi informasi yang tidak bisa di pertanggung jawabkan,Ujar Riyadi.(red)

Komentar