oleh

Zulkifli Hasan : Pentingnya Pendidikan Karakter Anak Sejak Usia Dini

-Tak Berkategori-243 views

min.co.id/bengkulu – Usia dini menjadi masa krusial dalam membentuk kepribadian anak. Apa yang dipelajari dan dipahami sejak kecil akan memengaruhi tumbuh kembang serta pola pikir. Oleh karena itu, pendidikan karakter memiliki peran yang cukup besar dalam proses pendidikan anak-anak di Indonesia.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) sendiri mencanangkan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). Adapun lima kunci  utama yang terdapat dalam PPK adalah Religius, Nasionalis, Mandiri, Gotong Royong, dan Integritas. Masing-masing kunci memiliki tujuan serta kebijakan yang saat ini mulai diterapkan di sejumlah sekolah di tanah air. Dalam proses ini, tentunya guru dan tenaga pendidikan memiliki peran kunci, khususnya bagi anak usia dini.

“Peran dan kiprah guru dan para pendidik terutama pendidik anak usia dini sangatlah penting dan menentukan.  Saya berkata demikian karena saya juga adalah lulusan pendidikan guru jadi sedikit banyak saya memahami pentingnya kiprah guru,” ujar Zulkifli Hasan Ketua MPR RI dalam acara Penganugerahan Guru dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Usia Dini (PAUD) dan Pendidikan Masyarakat Berprestasi dan Berdedikasi Tingkat Nasional Tahun 2017 di Grage Hotel, Bengkulu pada Jumat (14/7).

Komentar