oleh

Tips mengetahui tanda atau ciri-ciri mobil mobil bekas yang masih bagus dan berkualitas

-Otomotif-51 views

Min.co.id- Pangsa pasar di segmen mobil bekas Indonesia tampaknya masih banyak diramaikan oleh para konsumen. Hal ini tentu tak lepas dari adanya penyusutan biaya atau harga jual yang dinilai lebih bisa disesuaikan dengan budget.

Wajar, jika tidak bisa membeli mobil baru, tentu langkah alternatif yang bisa dilakukan yakni dengan membeli mobil second/bekas yang pastinya harganya relatif lebih murah. Namun, bagaimana dengan kualitas mobil bekas.

Tentu saja diperlukan sebuah tips untuk mengenal ciri mobil bekas berkualitas dan masih bagus agar Anda yang ingin membeli mobkas tidak tertipu oleh para penjual yang “nakal”.

Ciri Mobil Bekas Berkualitas

Perlunya mengetahui ciri mobil bekas berkualitas di sini tentunya akan berkaitan erat dengan perawatan ke depan. Jika mobil masih dalam kondisi yang bagus dan normal maka tak akan banyak membutuhkan biaya perawatan ke depannya.

Namun sebaliknya, jika kualitas atau kondisi mobil bekas sudah tidak normal, sudah barang tentu akan berpotensi pada pembengkakan biaya perawatan mobil itu sendiri.

Nah, oleh karena itu, di sini lah perlunya kita memahami ciri mobil bekas berkualitas agar ke depannya tidak banyak biaya perawatan yang diperlukan jika terjadi kerusakan.

Ciri Mobil Bekas Berkualitas yang Masih Bagus dan Normal

Di bawah ini adalah beberapa ciri mobil bekas berkualitas yang harus Anda kenali lebih detail sebelum memilih dan membeli mobil bekas.

Tanda Mobil Bekas Yang Masih Normal

Suara Mesin Terdengar Smooth

Pertama, ciri mobil bekas berkualitas dan masih bagus bisa Anda deteksi dari suara mesin mobil itu sendiri.

Kondisi suara mesin ini bisa dijadikan indikator untuk mengetahui bagus tidaknya kondisi dari mesin mobil tersebut.

Anda bisa melakukan pengecekan suara mesin mobil dengan melakukan tes drive sambil mendengarakan suara mesinnya. Apalah kasar atau halus.

Selain melakukan tes drive, Anda bisa mencoba menghidupkan mesin kurang lebih 10 menit dengan kondisi kap ada mesin mobil terbuka. Cek dan fokus untuk mendengarkan seksama, apakah ada suara aneh yang dikeluarkan dari bagian kap mesin tersebut.

Perlu diketahui bahwa pada umumnya mobil yang masih bagus tentu saja dipastikan tidak akan mengeluarkan suara menderu saat dipakai, baik dalam kecepatan sedang maupun tinggi

Tangki Bahan Bakar dan Oli Tidak Bocor

Selain soal mesin, ciri mobil bekas berkualitas yang bisa Anda pertimbangkan adalah dengan mengecek tangki bahan bakar dan olinya.

Pengecekan ini dilakukan untuk mengetahui apakah ada kebocoran atau tidak. Hal ini sangat perlu dilakukan supaya ke depannya kita tidak perlu memperbaiki bagian yang bocor.

Biasanya, jika ada kebocoran pada kedua bagian itu maka akan muncul rembesan cairan yang keluar dari dalam mobil.

Maka dari itu, jangan lupa untuk meneliti bagian tangki dan oli mesin mobil yang tak lain untuk mengetahui kondisi. Apakah ada kebocoran atau tidak.

Asap Knalpot Tidak Hitam atau Putih

Di sisi lain yang menjadi salah satu ciri mobil bekas berkualitas bisa dikenali dari asap kenalpot yang dikeluarkan oleh mobil.

Jika asap berwarna hitam maka itu tandanya proses pembakaran mobil kurang sempurna. Sedangkan jika asapnya putih maka itu menunjukkan bila kemungkinan besar ada campuran oli pada bagian mesin pembakarannya.

Selain itu, kondisi knalpot pun juga bisa diteliti untuk mengetahui kondisi mobil bekas. Umumnya, pada ujung knalpot tetap bersih atau paling tidak warnanya coklat sedikit kemerahan setelah mesin mobil hidup dalam waktu 5 menitan.

Jika warna knalpot seperti itu maka kondisi ruang pembakaran masih stabil. Jadi, kondisi mobil bekas ini masih bagus sehingga bisa Anda jadikan pilihan terbaik.

Perpindahan Gigi Mobil Terasa Mudah dan Halus

Perlu untuk diketahui bahwa kondisi mobil yang masih bagus dan normal yakni bisa diketahui dari perpindahan gigi mobilnya.

Yang mana, saat Anda melakukan test drive maka perpindahan gigi terasa mudah dan tidak berat. Ini menandakan jika gigi transmisi masih dalam kondisi yang bagus dan normal.

Jika ada kerusakan, sudah barang tentu perpindahan gigi transmisi akan terasa alot dan berat. Itu menandakan bahwa ada masalah pada mobil tersebut.

So, hindari pemilihan mobil dengan kondisi seperti ini karena sudah barang tentu ke depannya akan berpotensi menambah biaya perbaikan mengingat sudah pasti Anda harus memperbaiki sistem transmisinya.

Ciri Mobil Bekas Yang Masih Bagus

Mobil Kuat Menanjak

Test drive yang Anda lakukan tentu diperlukan untuk mengecek kondisi mobil bekas yang akan Anda beli. Salah satu test drive yang perlu diteliti adalah ketika mobil dikendarai melewati jalan menanjak.

Jika mobil kuat menanjak dan tidak mengeluarkan suara menderu atau pun asap tebal dalam kemiringan antara 20-30 derajat maka mobil dalam kondisi yang sangat prima sekali. Jangan ragu untuk membeli mobil bekas dengan kondisi seperti ini.

Namun, jika sebaliknya maka sudah jelas ada sedikit masalah pada mesin. Bisa karena kondisi mesin yang berumur atau gesekan blok mesin yang mengalami masalah.

Inilah salah satu ciri mobil bekas berkualitas yang patut untuk Anda perhitungkan dalam list mobil yang akan Anda buat sendiri.

Indikator dan Speedometer Masih Normal

Selanjutnya, ciri mobil bekas berkualitas juga bisa ditandai dari kondisi pada sektor lampu indikator dan speedometer.

Lakukan pengecekan secara teliti dan terfokus, apakah ada lampu indikator yang menyala, misalnya indikator oli dan temperatur mobil. Pastikan lampu indikator tersebut mati karena jika hidup berarti kapasitas oli sudah menurun dan temperatur mobil mulai di atas ambang batas.

Selain itu, jarum rpm pada indikator juga perlu Anda teliti. Bila kondisinya normal maka saat mobil digas, jarum indikator rpm akan naik turun secara stabil sesuai dengan tekanan gas mobil.

Hal ini menunjukkan jika kondisi mobil masih sehat dan normal, tidak ada kendala dalam soal indikatornya.

Eksterior Bodi Mobil Mulus

Sementara itu, untuk mengetahui ciri mobil bekas berkualitas dan masih bagus, Anda bisa mengecek kondisi bodi mobil.

Cek apakah tampak ada cacat, penyok, atau goresan yang tampak maupun tak tampak. Pastikan setiap sisi dari bodi mobil jika diraba dan diusap lembut terasa smooth, tidak bergeronjal.

Karena, jika ada sedikit gelombang maka ada kemungkinan itu merupakan hasil dari dempulan mobil yang disebabkan goresan atau bahkan mungkin bekas tabrakan.

Harga Jual Masih Standar/Normal

Jika Anda mendapati mobil yang Anda cari dengan harga sangat murah ketimbang harga yang dipasang oleh penjual lain maka jangan langsung tertarik. Mengingat, bisa jadi kondisi mobil tersebut sangat tidak direkomendasikan untuk dibeli.

Maka dari itu, pilih mobil dengan harga jual standar yang masih sesuai dengan pasaran daripada mobil bekas itu sendiri. Pastikan pula bahwa harga jual mobil tersebut masih realistis, tidak kemahalan namun juga tidak terlalu murah.

Cara ini menjadi patokan untuk mengenal ciri mobil bekas berkualitas yang bisa Anda lakukan secara mandiri.

Mobil Bekas Yang Masib Bagus

Setelah mengenal dan memahami beberapa tanda atau ciri mobil bekas berkualitas dan masih bagus, tentu Anda akan lebih percaya diri ketika akan membeli mobil bekas.

Sebab, dengan bekal pengetahuan mobil bekas yang masih berkualitas tersebut maka secara tak langsung Anda akan memahami bagaimana mobil bekas yang masih bagus.

Nah, kiranya sampai di sini dulu ya kawan mengenai ulasan ciri mobil bekas berkualitas dan masih bagus. Semoga bermanfaat dan sampai berjumpa kembali.(semisena)

Komentar

News Feed