oleh

Ketua Baznas Majalengka : Pentingnya Zakat Apalagi Dalam Masa Bencana yang Sedang Dihadapi

-Opini-85 views

Oleh : Dr. H. Agus Yadi Ismail, M.Si
(Ketua Baznas Kab. Majalengka)

Min.co.id, Majalengka – Dimasa Pandemi Covid-19 yang melanda seluruh dunia ditambah lagi sekarang musibah banjir dan longsor yang sedang mendera Indonesia juga kabupaten Majalengka yang sekarang sedang terjadi di beberapa kecamatan sangat parah dan menyedihkan.

Hal ini tentunya menjadi perhatian khusus kita sebagai sesama yang bersosial dalam kehidupan seperti diungkapkan oleh Ketua Baznas Kabupaten Majalengka Dr. H. Agus Yadi Ismail, M.Si dalam bincang santai bersama min.co.id di kantornya, Senin (15/2/2021)

Dr. H. Agus Yadi Ismail, M.Si menjelaskan terkait pentingnya Zakat seperti dalam Rukun islam ada 5 di antaranya zakat. Zakat adalah rukun islam yang keempat, namun rukun islam yang keempat ini paling di telantarakan oleh umat islam senandainya saja keinginan umat islam ini berzakat sama dengan keinginanya berhaji maka tidak akan di tumkan orang orang miskin di setip sudut negeri ini, bagai mana tidak, potensi zakat di kita sangatlah bagus karena banyak aghniya (orang-orang kaya).

Miris memang mengetahui fakta ini padahal potensi zakat di Indonesia ini sangat besar, kalau di lihat ini karna ketidak tahuan umat islam ini sendiri di mana hanya tau zakat fitrah, padahal ada lagi zakat maal di mana zakat maal ini yang akhirnya melahirkan banyak jenis zakat di antaranya : zakat penghasilan, perniagaan, pertanian, pertambangan, hasil laut, hasil ternak, harta temuan, obligasi, tabungan, emas dan perak dan lainnya. Masing masing jenis zakat memiliki perhitungannya sendiri sendiri.

Setelah kita mengetahui bebera fakta di atas lalu apa pentingnya zakat, gampangnya saja karna zakat termasuk rukun islam maka dengan sendirinya zakat ini menjadi penting bagi umat islam, namun disini saya akan menjelaskan hal hal yang membuat zakat ini penting baik dari segi agama dan sebagai makhluk social di antaranya.
Membersihkan harta dan jiwa, pada harta yang kita miliki sejatinya terdapat hak hak orang lain di dalamnya dengan mengeluarkan sebagian harta yang kita miliki tentunya akan mensucikan harta kita, karna kita sudah memberikan sebagian harta yang kita miliki kepada orang yang berhak menerimanya ungkap nya.

Sebagaiman firman Allah SWT : Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka dan mendoalah untuk mereka. (QS. At-Taubah Ayat 103).

Sarana pemerataan untuk mencapai keadilan sosial, ini sesuai dengan pancasila sila yang ke 5 yang berbunyi keadilan bagi seluruh Indonesia, dengan mengeluarkan zakat bagi yang wajib mengeluarkan zakat dan menyalurkan nya kepada yang berhak di sini sudah terlihat pemerataan keadilan sosialnya.
Tolong menolong antara yang mampu dengan yang membutuhkan, maka akan adanya keharmonisan antara sesama sebagai makhluk social. Demikian beberapa alasan pentingnya berzakat ucap H. Agus.

Ini alamat Baznas Kabupaten Majalengka, komplek Islamic Center Jalan Siti Armilah no 54 Majalengka telpn (0233) 282 414 atau saluran jemput bantuan ke lokasi bisa menghubungi.HP/ WA 082 113501 264.

Kalaupun Bantuan berupa uang tunai bisa ditransfer Via rekening resmi an Baznas majalengka
Bjb Majalengka norek 0075189321100
Bank Syariah iIdonesia norek 7025 637601
Bjb syariah majalengka norek 519030100 1171,
Bank Muamalat norek 13600099457
Silahkan bagi para warga masyarakat yang akan memberi bantuan untuk menggunakan nomor rekening tersebut pungkasnya. (topik)

Komentar

News Feed