oleh

ADM KPH Majalengka Andi Buka Pelatihan Perbanyakan Pohon Mangga

Min.co.id, Majalengka – Pelatihan perbanyakan vegetatip tanaman mangga pada Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) dan petugas Perhutani yang terdampak program Rehabilitasi Hutan dan Lahan pada wilayah hutan lindung di wilayah BKPH Majalengka KPH Majalengka

Bertempat di lokasi persemaian Rehabilitasi Hutan dan Lahan (RHL) lahan kantor Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Majalengka wilayah administratif kecamatan Maja kabupaten Majalengka Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Majalengka, Jumat (13/11/2020).

Acara tersebut dihadiri langsung oleh Administratur Perhutani KPH Majalengka Ir. Andi Mulya, Imam Safari Hidayat S.Hut., M.M dan Nana Supena, S.Hut., M.Sc Widyaiswara Balai Diklat Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BDLHK) Kadipaten sebagai narasumber, Penyuluh Kehutanan Majalengka Enco Karso dan jajaran sebagi Tim pengendali dari Cabang Dinas Kehutanan Wilayah VIII.

Untuk peserta merupakan perwakilan pengurus Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) sewilayah BKPH Majalengka sebamyak 10 LMDH, LSM KPI dan tim serta karyawan Perhutani BKPH Majalengka.

Dalam kata sambutannya Administratur KPH Majalengka, Andi Mulya menyampaikan terimakasih pada peserta LMDH yang telah hadir dalam kegiatan pelatihan perbanyakan vegetatip tanaman mangga dan mengucapkan selamat datang kepada narasumber dari BDLHK Kadipaten sebagai narasumber pada kegiatan ini ucap Andi.

ADM KPH Majalengka Andi berharap dari kegiatan ini petani hutan yang mempunyai andil tanaman mangga bisa menyerap dan mengembangkan ilmunya didaerah masing-masing juga dalam pelatihan ini jadi momen penting bagi petani dalam meningkatkan produktifitas dan kwalitas tanaman mangga supaya cepat berbuah dan hasil yang berlimpah dengan waktu panen yang lebih cepat, sehinggga petani kebun mangga memperoleh nilai ekonomis pendapatan untuk meningkatkan kesejahteraan keluarganya tegas Andi.

Sementara Widyaiswara BDLHK Kadipaten Imam Sapri Hidayat S.Hut MM sebagai narasumber pada pelatihan dari BDLHK Kadipaten mengatakan tujuan pelatihan ini peserta dapat melakukan pemilihan jenis tanaman, penanaman dan pemeliharaan tanaman serta perbanyakan tanaman secara vegetatif.

Adapun sasaran kegiatan ini adalah para pendamping Perhutani, Pendamping Perhutanan Sosial dan LMDH lingkup KPH Majalengka bahkan Imam menambahkan tahapan pelatihan meliputi peserta mendapatkan teori pemilihan jenis tanaman, penanaman dan pemeliharaan tanaman serta perbanyakan tanaman secara vegetatif dapat melakukan pemilihan jenis tanaman yang disesuaikan dengan iklim setempat, jenis tanah, asal usul bibit, cara waktu tanam, lubang tanam, media tanam, jarak tanam, pemeliharaan meliputi waktu pemupukan, penanganan hama dan penyakit dan penyulaman serta melaksanakan praktek perbanyakan tanaman cara vegetaif tanaman MPTS jenis Mangga pungkasnya. (topik/sep)

Komentar

News Feed