oleh

Ajang Seni Laga Gotong Sisingaan Sebagai Pelestarian Seni Tradisi Subang

min.co.id/subang – Untuk melestarikan kesenian tradisional sisingaan LAK Galuh Pakuan menggelar seni laga Gotong Sisingaan, yang di ikuti sejumlah grup sisingaan unggulan di Wisma Karya Subang. Sabtu (12/8).

Event seni laga singa ini mengundang ribuan warga Subang yang hadir ke lokasi. Dimana banyak warga yang membawa purta-putrinya untuk melihat unjuk kebolehan dari peserta lomba.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kasubdit Program, Evaluasi dan Dokumentasi Kemendikbud Kuat prihatin, Kadis pendidikan dan kebudayaan Subang Suwarna, Ketua MPC Pemuda Pancasila Endang Kosasih, BPNB Provinsi Jawa Barat Jumhari dan ketua KNPI Subang Jaka Arizona.

Kuat prihatin yang mewakili Dirjen Kebudayaan mengatakan dalam sambutannya, sangat bangga terhadap Seniman di Subang yang begitu antusias untuk melestarikan tradisi yang sudah menjadi ciri khas Subang yaitu Sisingaan.

Beliau juga mengucapkan banyak terima kasih pada LAK Galuh Pakuan yang turut mesuport para Seniman Subang untuk berinovasi dalam Seni Tradisinya.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Subang Suwarna mengatakan “akan kita patenkan Seni Gotong Sisingaan ini, supaya tidak di tiru oleh daerah lain. dimana daerah lain sudah terakumulasi dengan seni mamanukan.” tegasnya.

Peserta begitu antusias dan semangat dalam berkreasi di hadapan para juri. dimana setelah para peserta tampil sembari pulang, mereka pun unjuk kebolehan dengan mengitari jalan Protokol arah Alun-alun menuju Jl. Otista.

Dalam seni laga Gotong Sisingaan tersebut, tampil sebagai juara 1 grup sisingaan Tresnawangi 1, juara ke 2 grup setiawargi 8, dan juara 3 grup Tresnawangi 2. para pemenang lomba selain membawa piagam dan mendapatkan uang pembinaan dari panitia lomba. (rama)

Komentar

News Feed