oleh

Menag : Visa Haji diproses Secara Bertahap

-Tak Berkategori-152 views
menag

min.co.id/makasar – Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin mengatakan untuk penerbitan paspor dan visa calon jamaah haji dilakukan secara bertahap berdasarkan waktu keberangkatan masing-masing kelompok terbang (kloter).

“Soal visa terus kita proses secara bertahap, karena pengurusan visa itu seluruhnya ada pada kewenangan dari kementerian dalam negeri dan luar negeri Arab Saudi,” ungkap Lukman, usai meresmikan replika bagian dalam pesawat Garuda Indonesia di Asrama Haji Sudiang Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (12/7) kemarin.

Oleh karena itu, pihaknya terus fokus menyelesaikan masalah administrasi itu dengan terus berkoordinasi dengan Pemerintah Arab Saudi.

Lukman menjelaskan, untuk pembuatan Visa atau Paspor memang tidak bisa dilakukan sekaligus dikarenakan jumlah calon jemaah Haji dari Indonesia begitu banyak.

Kementrian agama kemudian memilih melakukan proses penerbitan visa dan paspor secara bertahap disesuaikan dengan waktu keberangkatan jemaah yang sesuai rencana akan berangkat mulai 28 juli 2017.

“jadi jemaah haji yang kita kelola saja itu jumlahnya mencapai 204.000 calon jemaah haji (CJH), dan akan diberangkatkandua gelombang besar,” ujarnya.

Lukman menjelaskan bahwa proses penerbitan visa tidak sulit karena sudah menggunakan sistem dalam jaringan (daring) di Internet atau online.

“Kita gunakan sistem online, jadi kita tinggal kirim data para CJH. Untuk saat ini sebagian sudah diterbitkan,” ujar Lukman.

Kepala Kantor Kementrian Agama Sulawesi Selatan, Abd Wahid Tahir menjamin bahwa kelengkapan visa dan paspor para jamaah haji Embarkasi Makasar aman.

Apalagi mulai dari kloter pertama hingga kloter 18 sudah memiliki visa, ujarnya.

Untuk pemberangkatan gelombang kedua, yakni kloter 19 hingga 35 saat ini visa dan paspor mereka sudah dalam tahap penerbitan, dan akan rampung sebelum jadwal keberangkatan CHJ. Pungkasnya. (antara)