Bupati Purwakarta Resmikan Aplikasi Sampurasun Dokter

min.co.id/purwakarta – Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi meresmikan program aplikasi Sampurasun Dokter di Desa Cibukamanah Kecamatan Cibatu Kabupaten Purwakarta, Rabu (12/7).

Sampurasun Dokter sendiri merupakan pengembangan dari dua aplikasi sebelumnya. Melalui program ini, warga dapat memanggil dokter dan bidan untuk konsultasi kesehatan. Warga bisa mengakses layanan ini melalui aplikasi Ogan Lopian yang merupakan aplikasi berisi sejumlah layanan publik di Purwakarta.

Untuk tahap awal, Pemerintah Kabupaten Purwakarta menunjuk Desa Cibukamanah, Kecamatan Cibatu sebagai wilayah percontohan. Di tempat ini pula, Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi, meresmikan program tersebut.

“Terlebih dahulu kita sudah punya Drupadi, dan itu sudah diresmikan, sekarang kita integrasikan seluruh layanan itu melalui aplikasi Ogan Lopian, ini sudah mencakup semua layanan publik,” ujar Dedi di lokasi kegiatan.

Untuk mengakses aplikasi Ogan Lopian ini warga sebelumnya harus mengunduhnya terlebih dahulu di aplikasi Play Store pada handphone android. Nama Ogan Lopian itu terinspirasi dari salah satu pusaka yang dimiliki oleh Batara Kresna dalam kisah pewayangan yang mampu melihat kondisi dan situasi tertentu yang diinginkan.

Untuk menggunakan aplikasi ini, selain mengunduh di Play Store warga terlebih dahulu harus membuat akun dalam aplikasi tersebut dengan memasukan Nomor Kartu Tanda Penduduk dan mendaftar menggunakan email.

Aplikasi Ogan Lopian  ini memiliki beberapa fitur menu diantaranya, Destinasi Wisata, Laporan Warga, Sampurasun Ambulance, Sampurasun Dokter, Sampurasun Bidan, Lokasi Penting dan Sampurasun Polisi.

Layanan interaktif ini menurut Dedi, sengaja diluncurkan di wilayah pedesaan, dengan alasan tersendiri. Selama ini masyarakat pedesaan kurang mendapatkan akses dibandingkan masyarakat perkotaan, Ujar Dedi.

Bagi warga yang memiliki smart phone berbasis android bisa langsung mengakses melalui aplikasiini, dan bagi yang tidak punya, ada SMS Center yang bisa digunakan, dan kalau tidak punya juga, bisa datang langsung ke Dokternya. Kita sediakan satu dokter untuk 3 Desa, ujarnya.

Salah satu dokter jaga, dr. Ayu Mutiara mengatakan dirinya bersama bidan dan perawat mulai stanby hari ini untuk memerima keluhan kesehatan dari warga Cibukamanah dan sekitarnya. Dia berkoordinasi dengan staf diruangan kontrol yang berjaga menerima Notifikasi dari aplikasi Ogan Lopian atau Call Center 0857 3781 4884.

“Kita menunggu kalau ada warga yang membutuhkan, kita langsung siap,” ujar dokter cantik tersebut. (red | beberapa sumber)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *