oleh

Kenali 5 Jenis Mobil Berdasarkan Kebutuhan

-Otomotif-83 views

Min.co.id-Jika Anda punya wacana untuk membeli mobil, tentu ada banyak pertimbangan yang harus dipikirkan.

Karena, tak hanya soal ketersediaan budget saja melainkan juga ada beberapa aspek lain yang patut dicermati agar ke depan Anda tak menyesal salah pilih mobil.

Bukan tanpa alasan mengingat memilih mobil itu seperti memilih pakaian. Yang dalam hal ini, memang ada banyak mobil yang bagus dan cocok namun tak sesuai dengan selera Anda.

Namun, ada pula mobil yang Anda sukai tetapi harganya sangat mahal dan melampaui budget yang tersedia. Tentu saja, dengan kondisi seperti itu, ada baiknya bagi Anda untuk lebih cenderung memprioritaskan pada soal kebutuhan.

Artinya, Anda harus membeli mobil yang memang benar-benar memiliki fungsi serta fitur sesuai dengan apa yang Anda butuhkan.

Karena, tak bisa dipungkiri pula bahwa berbagai jenis mobil tersebut sudah barang tentu diciptakan dan sengaja dihadirkan untuk kebutuhan tertentu.

Nah, untuk itu, sebelum Anda membeli mobil, sebaiknya kenali dan cermati dulu jenis mobil berdasarkan aspek kebutuhan.

Pilihan Jenis Mobil yang Disesuaikan Atas Kebutuhan

Ada beberapa tipe mobil yang kini memang telah banyak beredar di pasaran. Namun, tahukah Anda? Bahwa, setiap jenis atau tipe tersebut dihadirkan guna memenuhi kebutuhan konsumen yang berbeda-beda. Nah, untuk mengenal lebih jauh dan detail, berikut penjelasan lengkapnya.

Jenis Mobil HatchBack – Mobil Fleksibel untuk Area Perkotaan

Jika kamu berada di area perkotaan yang padat kendaraan dengan aktivitas yang tinggi, tentu saja Anda bisa mempertimbangkan untuk memilih jenis mobil hatchback sebagai pilihan Anda.

Ciri khas dari mobil ini terletak pada bagian daripada pintu bagasinya yang menyatu dengan kaca belakang.

Sedangkan, jika dilihat secara keseluruhan, hampir mirip dengan mobil sedan. Apalagi, jika dilihat dari sisi depan.

Bodinya yang kecil membuat mobil hatchback seringkali cukup efektif untuk menembus atau menerobos medan jalan yang padat.

Akan tetapi, mobil tipe ini umumnya tak memiliki daya kapasitas tampung yang besar. Hanya 4 orang penumpang saja.

Di sisi lain, untuk Anda yang sering menempuh jarak jauh, agaknya mobil ini dirasa kurang cocok digunakan.

Nah, dari beberapa pilihan, tentu saja ada beberapa tipe mobil hatchback yang menurut Mas Sena paling baik dan banyak digemari konsumen. Di antaranya seperti Toyota Yaris, Honda Jazz, dan tak lupa pula Mazda 2.

Jenis Mobil Sedan – Kendaraan Anggun dengan Kenyamanan Tinggi

Bila Anda memang lebih memprioritaskan kebutuhan akan kenyamanan dan sisi elegan, tampaknya mobil sedan bisa menjadi pilihan yang patut untuk Anda pertimbangkan.

Apalagi, bila Anda adalah orang yang suka akan kenyamanan ekstra dalam berkendara. Karena, mobil sedan memang dirancang dengan sokongan suspensi nan sangat fleksibel, kabin yang sangat tenang dan tak lupa memiliki konsep desain yang aerodinamis membuat sedan menjadi sangat nyaman dikendarai.

Bahkan, dalam aspek gengsi, mobil sedan juga sering menjadi pilihan para konglomerat sebagai kendaraan pribadi sebagai cerminan kelas sosial.

Fitur-fiturnya pun biasanya sangat lengkap dengan berbagai fungsi untuk menunjang kenyamanan ekstra yang sudah barang tentu menjadi nilai plus tersendiri.

Nah, mobil jenis sedan yang banyak dijual dan digemari di pasaran antara lain Toyota Camry, Honda Accord, dan juga Mercedes Benz S-Class.

Hanya saja, biasanya harga dari mobil sedan ini sangat mahal ketimbang beberapa jenis mobil lain. Sehingga, untuk Anda yang memiliki budget terbatas maka sebaiknya pertimbangkan baik-baik sebelum menentukan untuk membelinya.

Jenis Mobil SUV – Mobil Gagah dan Fungsional yang Cocok di Semua Medan

Bagi Anda yang merasa memiliki selera terhadap aura kegagahan mobil, tentu tipe mobil SUV adalah pilihan jenis mobil yang Mas Sena rekomendasikan.

Karena, tak bisa dipungkiri bahwa mobil SUV sendiri memang ditujukan sebagai kendaraan yang multi fungsi untuk melibas berbagai medan jalan.

Bukan tanpa sebab, segmentasi mobil SUV menjadi salah satu pilihan kendaraan dengan spesifikasi nan begitu mumpuni disertai mesin gahar.

Selain daripada itu, dari segi dimensionalnya sendiri, ground clearance-nya pun dirancang dengan ukuran nan tinggi sehingga membuatnya bisa melahap jalan berlubang.

Di satu sisi, pada umumnya mobil SUV ini pun juga dibekali mesin besar yang asik buat diajak menerjang tanjakan, bahkan di medan semi off-road sekalipun.

Maka dari itu, kebanyakan para konsumen yang suka berpetualang melalui lintas jalan yang menantang, tentu akan lebih cenderung untuk memilih mobil SUV.

Mengingat, tak hanya cocok dikendarai di area perkotaan saja melainkan juga sangat handal untuk melewati berbagai medan jalan.

Akan tetapi, dengan bentuk bodinya yang umumnya besar, sudah jelas mobil ini akan sulit bila dikendarai di area yang padat. Sehingga, kurang cocok jika Anda adalah seorang dengan aktivitas yang memiliki mobilitas tinggi.

Namun, kapasitas penumpang mobil ini terbilang cukup memadai karena sanggup menampung setidaknya hingga 6 sampai 7 penumpang.

Dengan keunggulannya tersebut, kebanyakan mobil SUV memang dibanderol dengan harga yang mahal. Seperti Toyota Fortuner, Mitsubishi Pajero Sport atau pun Honda CR-V.

Jenis Mobil MPV – Mobil Sejuta Umat sebagai Kendaraan Keluarga

Di satu sisi, mobil MPV atau Multi Purpose Vehicle ini memang tampaknya sangat cocok sebagai mobil keluarga.

Tak ayal bilamana mobil MPV menjadi jenis mobil yang kini banyak dicari oleh para konsumen.

Karena, selain memiliki daya tampung yang cukup memadai, mobil ini menjadi incaran banyak masyarakat di Indonesia.

Bahkan, tercatat bahwa mobil jenis keluarga ini menjadi kategori kendaraan roda empat paling laris di pasaran Tanah Air.

Jika Anda memerlukan kendaraan yang mampu menampung banyak orang (anggota keluarga) sekaligus membawa barang bawaan yang banyak maka mobil MPV bisa menjadi kendaraan yang Anda pertimbangkan.

Saat ini, merk mobil MPV yang paling laris adalah Toyota Avanza, Suzuki Ertiga, dan Mitsubishi Xpander dengan angka penjualan sangat tinggi di Indonesia.

Jenis Mobil Double Cabin – Pick Up Berkelas dengan Tenaga Kuat

Kemudian, jenis mobil lain yang sangat cocok bagi Anda yang tinggal di area pedesaan dengan medan jalan bergelombang adalah mobil Pick Up Double Cabin.

Biasanya, mobil ini memang sering digunakan khusus untuk touring dengan lintasan yang sangat ekstrim. Misalnya di area perkebunan sawit atau sejenis. Namun, kurang cocok jika dijadikan sebagai tunggangan perkotaan.

Nah, untuk itu jika kebutuhan transportasi Anda sesuai dengan mobil ini maka bisa menjadi pilihan.

Beberapa pilihan berbagai jenis atau mobil di atas tentunya sangat bermanfaat bagi Anda sebagai sumber untuk mendapatkan informasi sebelum menentukan dan membeli mobil.

Setidaknya, dengan adanya informasi tersebut maka Anda akan lebih mudah dalam memilih mobil mana yang sesuai dengan kebutuhan.

Oke, kiranya sampai di sini dulu artikel dari Mas Sena terkait dengan info mengenai jenis mobil berdasarkan kebutuhan yang bisa Anda pertimbangkan. Semoga bisa menjadi informasi yang bermanfaat untuk teman-teman semua.

sumber :semisena

Komentar

News Feed