oleh

Komentar Jokowi Terhadap Vonis Ahok

-News-503 views

min.co.id/Jakarta – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan ketegasanya kembali bahwa dirinya tidak mengintervensi perkara hukum yang kini sedang dijalani oleh Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).

Hal itu diungkapkan Jokowi atas pertanyaan dari wartawan mengenai sikap Presiden terhadap putusan hakim yang menjatuhkan hukuman dua tahun penjara terhadap kasus penodaan agama terhadap terdakwa Ahok.

“Sekali lagi, pemerintah tidak akan mengintervensi terhadap proses-proses hukum yang ada,” ujar Jokowi di sela-sela kunjungan kerjanya di Papua, Selasa (9/5/2017).

Jokowi juga menjelaskan, proses hukum adalah satu-satunya cara bagi satu negara demokrasi untuk menyelesaikan persoalan. Rakyat harus percaya mekanisme hukum tersebut.

“Ini yang paling penting. Kita semua harus percaya terhadap mekanisme hukum yang ada untuk menyelesaikan setiap masalah yang ada,” tegas Jokowi.

Ahok divonis dua tahun penjara oleh majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Utara pada Selasa (9/5/2017) . Putusan tersebut lebih berat dari tuntutan jaksa, yakni 1 tahun penjara dengan masa percobaan dua tahun.

Majelis hakim juga memerintahkan Ahok agar ditahan. Setelah putusan, Ahok langsung dieksekusi ke Rutan Cipinang, Jakarta Timur dengan penjagaan yang ketat dari aparat kepolisian. (adh)

 

Komentar

News Feed