oleh

Cara Membersihkan Kaca Mobil agar Tidak Berjamur

-Otomotif-74 views

Min.co.id-Perawatan mobil memang harus dilakukan secara rutin. Tidak harus ke salon mobil, jika Anda memiliki mobil di rumah, tentunya Anda bisa melakukan perawatan rutin secara mandiri.

Nah, salah satu bagian dari sekian banyak komponen pada mobil, merawat bagian kaca pada mobil adalah hal penting yang tidak bisa Anda lepaskan begitu saja.

Pasalnya, kaca mobil yang kotor akan mengurangi kenyamanan dalam berkendara. Bahkan, bisa mengurangi visibilitas saat Anda mengendarai mobil. Jika ini dilewatkan maka akan memicu terjadinya kecelakaan.

Apalagi, saat berada dalam kondisi hujan lebat dengan kabut tebal. Tentu saja,Kaca mobil harus selalu bersih agar tidak mengganggu penglihatan Anda ketika berkendara mobil ini.

Salah satu hal yang sangat memungkinkan adalah jamur pada kaca mobil tersebut. Yang mana, dalam hal ini Anda harus tahu penerapan terkait bagaimana cara membersihkan kaca mobil yang tepat supaya tetap kincling dan terhindari dari jamur.

Ini perlu dilakukan demi menjaga penampilan kaca mobil sekaligus menjamin visibilitas pengemudi saat mengendarai mobil di jalan yang berkabut atau hujan deras.

Untuk itu, kali ini Mas Sena akan mencoba berbagi tips terkait dengan cara membersihkan kaca mobil supaya terbebas dari jamur dan tetap kincilong. Yuk, kita simak bersama ulasan lengkapnya.

Cara Membersihkan Kaca Mobil

Di bawah ini akan Mas Sena jelaskan tips mencegah sekaligus membersihkan kaca mobil agar tetap kinclong dan terbebas dari jamur yang hinggap di kaca mobil.

Bersihkan Selalu Menggunakan Lap Basah dan Kemoceng

Membersihkan kaca pada mobil merupakan hal yang cukup mudah untuk dilakukan. Karena, tidak memerlukan banyak syarat.

Salah satunya Anda hanya perlu mengelap bagian kaca mobil dengan lap kering agar terhindari dari debu. Bisa juga dengan kemoceng untuk memudahkan Anda dalam membersihkannya.

Untuk hasil yang lebih maksimal, gunakan lap yang telah dibasahi menggunakan air dingin. Lalu, usap bagian kaca dengan gerakan memutar dan perlahan.

Jika sudah maka usap kembali dengan kain kering untuk menghilangkan bekas air yang menempel di bagian kaca tersebut.

Agar jauh lebih maksimal, Anda bisa menggunakan cairan glass cleaner yang khusus digunakan untuk membersihkan kaca mobil.

Oh ya satu lagi. Jika kaca mobil terkena air hujan, segera bersihkan dan bilas dengan air bersih. Lalu, bersihkan menggunakan kanebo untuk menyerap air yang masih menempel di bagian permukaan kaca.

Cara ini sebagai tindakan pencegahan untuk meminimalisir tumbuhnya jamur akibat dari kandungan asam pada air hujan yang sangat kuat.

Hindari Mencuci dengan Detergen

Jika Anda ingin membersihkan kaca mobil, sebaiknya gunakan sabun pencuci piring atau langsung menggunakan air campuran perasan jeruk nipis.

Karena, kandungan di dalam detergen tersebut memiliki zat yang dinilai cukup berbahaya dan bisa menimbulkan kerusakan atau kekusaman pada kaca mobil.

Maka dari itu, hindari menggunakan detergen untuk membersihkan bagian kaca mobil agar terhindari dari masalah-masalah tersebut.

Jika memang tidak ada sabun, Anda bisa menggunakan sabun mencuci piring. Bila memang tidak ada, lebih baik cukup dibilas saja menggunakan air bersih dan keringkan. Langkah ini cukup efektif untuk mencegah kaca mobil menjadi kusam dan berjamur.

Bersihkan Segera Jika Tampak Ada Noda

Saat Anda melihat ada noda yang menempel di kaca mobil, jangan menunggu lama. Segera bersihkan noda tersebut sampai hilang.

Bila Anda membiarkan noda tersebut terlalu lama menempel hanya akan membuatnya semakin sulit dibersihkan karena sudah terlanjur lengket.

Apalagi, jika noda tersebut seperti sejenis kotoran hewan dan getah pohon yang menempel. Akan begitu sulit dihilangkan jika getah ini sudah menempel di kaca. Bahkan, bila sudah kering dan bisa dihilangkan pun akan memberikan bekas yang cukup terlihat bila tak segera dibersihkan dari awal.

Nah, bila kaca mobil Anda sudah terkena getah seperti ini, Anda bisa segera membersihkannya dengan menggunakan lap basah untuk mengelapnya sehingga noda dapat hilang tanpa meninggalkan goresan.

Hindari Menjemur Mobil

Cara merawat kaca pada mobil yang perlu Anda lakukan yaitu jaga selalu kaca mobil agar terhindari dari teriknya cahaya matahari.

Sebab, cahaya matahari yang banyak mengandung kandungan UV-nya sangat berpotensi sekali merusak permukaan kaca ini. Bahkan, tak jarang yang membuat bagian kaca mobil menjadi tampak seperti berkerak sebagaimana terkena air hujan.

Hal ini umumnya terjadi saat Anda memarkirkan mobil di area yang tak tertutup oleh atap. Maka dari itu, sebaiknya hindari parkir di area seperti itu.

Usahakan untuk memarkirkan mobil di area yang teduh sehingga tidak memicu terik matahari mengenai bagian bodi maupun kaca mobil.

Selalu Cek Kondisi Karet Wiper

Di sisi lain, Anda juga harus memastikan bahwa kondisi karet wiper dalam keadaan yang bersih dan normal.

Karena, ada kemungkinan goresan pada bagian kaca mobil bisa dipicu karena karet wiper yang mengeras dan menggesek bagian kaca. Di sinilah letak pentingnya bagi Anda untuk selalu memastikan bahwa karet wiper masih elastis dan tidak mengeras.

Untuk cara atau langkahnya sendiri terbilang cukup mudah dilakukan. Karena, Anda hanya perlu menggerakkan karet wiper sebagai langkah untuk memastikan kelenturannya.

Pada saat dicoba, bila memang dirasa sudah keras, maka segera ganti karet wiper tersebut. Umumnya, karet wiper wajib diganti paling lambat setahun sekali untuk mencegah goresan permanen terjadi pada kaca.

Mengingat, karet wiper yang mengeras, bekas goresannya sangat terlihat sekali sehingga sangat perlu untuk Anda lakukan penggantian agar tidak terjadi goresan yang lebih dalam.

Rutin Bersihkan Kaca Setiap Hari

Salah satu hal yang sangat efektif untuk mencegah terjadinya kaca mobil yang kotor, Anda tentunya harus rutin untuk selalu membersihkan bagian kaca mobil ini.

Rajin membersihkan kaca mobil sudah barang tentu menjadi langkah pencegahan yang sangat efektif guna menjamin kebersihan dan sekaligus meminimalisir munculnya tumbuhnya jamur akibat air hujan maupun debu yang menempel terlalu lama.

Anda bisa melakukannya dengan menggunakan kemoceng maupun lap basah untuk mengusap bagian kaca mobil ini dengan gerakan memutar secara peralahan.

Usahakan juga untuk memastikan bahwa setiap sisinya tidak ada debu ataupun kotoran yang tersisa.

Bila ini dilakukan secara rutin maka dipastikan akan dengan mudah meminimalisir terjadinya kaca yang kusam maupun jamur.

Nah, dari sekian cara mengenai tips membersihkan kaca mobil di atas, sebaiknya Anda lakukan pembersihan rutin setiap hari dengan kemoceng maupun lap basah.

Hal ini tentunya ditujukan supaya kondisi kaca tidak mudah rusak dan berjamur serta kusam karena kurangnya kebersihan. Jadi, tidak ada salahnya melakukan pencegahan daripada mengatasi kaca mobil yang kotor dan sulit dibersihkan karena sudah terlanjur berjamur dan kusam.

Oke kawan, sepertinya sampai di sini dulu ulasan dari Mas Sena terkait dengan tips membersihkan kaca mobil yang tepat dan efektif agar terbebas dari jamur maupun kotaran yang membuatnya kusam. Semoga bermanfaat dan sampai berjumpa kembali di lain kesempatan.

sumber : Semisena

Komentar

News Feed