oleh

E-Samsat Diharapkan Mampu Cegah Pungli

-Tak Berkategori-126 views
foto dox: ntmc

min.co.id/jakarta – Nota kesepahaman Polri bersama tujuh Gubernur telah dilakukan terkait dengan penerapan sistem Samsat Online (e-Samsat) di tujuh provinsi di Pulau Jawa dan Bali.

Dengan adanya sistem tersebut, para wajib pajak dapat membayarkan pajak kendaraan dengan transaksi elektronik. Dengan demikian tak ada lagi antri di Samsat tiap Provinsi dan Kabupaten atau Kota.

Selain mempermudah para wajib pajak, Kakorlantas Irjen Royke Lumowa juga menegaskan bahwa melalui sistem Samsat online ini pula diharapkan bisa mencegah terjadinya pungutan liar pada saat pengurusan surat kendaraan secara konvensional.

“Tentunya untuk menghindari pungli ya. Transaksi wajib pajak dengan petugas, semuakan lewat elektronik atau online semua bayarnya,” jelas Royke.

Royke menjelaskan para wajib pajak hanya perlu dengan membayarkan tagihan pajak yang telah jatuh tempo lewat transaksi elektronik, baik dengan mobile banking maupun transfer di ATM. Hal itu tentu memudahkan masyarakat untuk mengurus surat kendaraan.

Hingga kini, sudah ada beberapa Provinsi, Kabupaten, maupun Kota yang sudah mulai mengoperasikan sistem Samsat Online ini. Hanya saja, pada Oktober 2017 mendatang akan diluncurkan secara resmi.

“Memang ada beberapa yang sudah online di Kabupatennya, tingkat provinsinya. Tapi serentak diluncurkan Oktober 2017,” pungkasnya.

(ntmc)

Komentar